Senin, 05 September 2016

Tanya Jawab 01


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci

Kata Pengantar dari Penyusun :

Upasaka Li Bing-nan merupakan seorang praktisi senior Aliran Sukhavati, menghasilkan banyak murid berbakat, salah satunya adalah Master Chin Kung, yang menyebarluaskan Ajaran Sukhavati di berbagai belahan dunia.

Untuk menyebarluaskan Buddha Dharma, sehingga para praktisi Pintu Dharma Tanah Suci tidak jatuh ke dalam jalan yang menyimpang, saya, Ceng Qi-yun, menerjemahkan buah pena Upasaka Li Bing-nan yang berjudul “Tanya Jawab Ajaran Buddha” ke dalam Bahasa Mandarin umum yang lebih mudah dipahami, untuk dipersembahkan buat semuanya.

Tanya Jawab 01

Pertanyaan :
Dari tempat mana bisa menuju ke Alam Sukhavati?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Dari hati menuju ke sana. Pertanyaan ini mesti mendengar ceramah Dharma dengan seksama atau membiasakan diri membaca penjelasan sutra, barulah dapat memahaminya dengan jelas. Oleh karena maha ribu dunia adalah tercipta dari pikiran, demikian pula Alam Sukhavati.

Tetapi, yang disebut dengan “hati dan pikiran” itu bukanlah bisa dipahami dalam waktu satu atau dua hari, ditakutkan malah menimbulkan salah tafsir, sehingga jadi menyimpang.  

Maka itu, sebelum memiliki kesanggupan untuk memahaminya, asalkan membangkitkan ketulusan meyakini ucapan Buddha adalah nyata dan tidak semu, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, saat menjelang ajal pasti memperoleh penjemputan dari Buddha Amitabha, sejak itu keluar dari enam alam tumimbal lahir, selamanya keluar dari lautan samsara, ibarat dokter yang membuka resep obat, andaikata terlebih dulu anda ingin memahami bahan-bahan yang terkandung di dalam obat, maka akan menunda waktu menebus obat di apotik, kalau sudah demikian, bagaimana penyakit bisa disembuhkan?

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun



編者按:李炳南是當代有修有證的淨宗大 德,他培育出來的高僧淨空法師正在世界各地弘揚淨土法門。為了續佛慧命,使無數修學淨土法門的眾生不走入歧途,後學曾琦雲現將李老居士巨著《佛學問答》有 關淨土部分編譯成普通話,貢獻給大家。編譯時已將一些重覆問題作了適當刪減,並結合現時代的情況,在問答中適當添加了一些新的內容。凡是加入的內容都在下 面劃線標出。若有疑問,敬請來信。

淨土法門疑難問題解答
()

問 : 西方極樂世界從什麼地方去?

李炳南老居士解答 :
從心上去。這個問題必須仔細聽經或者熟 讀經註,才能瞭解明白。因為大千世界,唯心而造,西方極樂世界,自然也不例外。但是,要弄懂「唯心」二字,卻不是一時三刻的事,恐怕誤解,反而出偏。因 此,在未弄懂以前,只要堅信佛語不虛,發願往生,臨終一定得阿彌陀佛接引,從此走出六道輪迴,永出生死苦海。正好像醫生開藥方,如果你先要弄懂藥方的道 理,那麼抓藥就耽誤時間了,怎麼能夠治好病呢?

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯