Rabu, 21 September 2016

Tanya Jawab 222


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
222

Pertanyaan :
Banyak praktisi pelafal Amituofo yang rajin, saat menjelang ajal malah gagal terlahir ke Alam Sukhavati, apakah dikarenakan beberapa situasi berikut ini? Yang pertama, karma tetap sulit dialihkan; yang kedua, tidak menjalankan sila dengan disiplin, kadang kala malah melanggarnya, diri sendiri tidak menyadarinya, juga tidak ada orang lain yang mengingatkannya, tidak ada penyesalan; yang ketiga, ketika melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan menggalang dana, menjadi agen penjual, membagi barang secara gratis, tidak hati-hati, sehingga menanam benih karma buruk; yang keempat, saat menjelang ajal ada jalinan jodoh buruk yang datang mengganggu.   

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Empat butir yang anda sebutkan dapat disimpulkan jadi dua butir yakni : yang pertama, karma tetap sulit dialihkan; yang kedua, tidak disiplin menjalankan sila, harus anda ketahui bahwa dua butir ini sudah cukup untuk menghalangi usaha terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi benih sebab dari terlahir ke Alam Sukhavati adalah melafal Amituofo, asalkan mengamalkan latihan utama maka latihan pendukung juga akan segera menyusul.

Apabila dapat mengerahkan segenap perhatian untuk melafal Amituofo, maka bagaimana karma tetap tidak bisa dialihkan? Dapat menfokuskan pikiran melafal Amituofo maka takkan melakukan kejahatan, memperbanyak kebajikan, bagaimana bisa melanggar sila?

Kalau bisa melakukannya berkesinambungan dalam jangka panjang, pasti dengan ketulusan hati sendiri menggugah kekuatan tekad Buddha Amitabha, terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan.

Orang yang anda katakan gagal terlahir ke Alam Sukhavati, pasti dikarenakan keyakinan, tekad dan pengamalan yang tidak mencukupi, jadi bukan karena alasan lainnya.    

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(二二二)

問 :  
有許多精進專修淨業的人,臨終不能往生,是不是有下列情形?第一,定業難移;第二,守戒不嚴,偶然破壞,自己不知,也無人提醒,沒有懺悔;第三,做募化、推銷、贈送等工作不慎,種下了惡因;第四,臨終時有惡緣幹擾。

李炳南老居士解答 :
你所說的四個方面,可以歸納為兩點:第 一,定業難轉;第二,守戒不嚴。你要知道,這兩點固然能阻礙往生,但往生的主因是正行,即是念佛,正行精進,助行也會隨之而來。如果能夠一心一意念佛,定 業怎麼不會轉移?能夠一心念佛,就會諸惡莫作,眾善奉行,怎麼還會破戒?長期如此,必然以自己的誠心感動阿彌陀佛的願力,輕而易舉地往生西方。你說不能往 生的人,一定是信願行不充足罷了,不是其他原因。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯