Sabtu, 17 September 2016

Tanya Jawab 141


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
141

Pertanyaan :
Orang yang menganut aliran kepercayaan luar, juga ikut melafal Amituofo, apakah saat menjelang ajal bisa memperoleh penjemputan dari Buddha dan terlahir ke Alam Sukhavati?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Kalau memang bertekad terlahir ke Alam Sukhavati maka harus menjauhi pandangan sesat, berhasil atau tidak terlahir ke Alam Sukhavati adalah tergantung apakah pikiran terfokus atau tidak.

Jika ternyata sudah mengambil Visudhi Trisarana, hendaknya menjauhi segala aliran luar. Kalau mencampuradukkan yang benar dengan yang sesat, maka melatih diri jadi tidak benar lagi.

Kalau melatih diri kacau dan bercabang-cabang, bagaimana pikiran bisa terfokus. Meskipun mempunyai harapan bisa terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi pikirannya goyah tidak tahu harus ke arah kanan atau kiri.

Tiga bekal (keyakinan, tekad, pengamalan) tidak mencukupi, bagaimana bisa dapat bagian terlahir ke Alam Sukhavati? Meskipun kepercayaan itu beragam, tetapi asalkan dia mau beralih dan menfokuskan diri meyakini Pintu Dharma Tanah Suci, bahkan membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka dia pasti bisa berhasil.      

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一四一)

問 :  
信外道的人也念佛號,以後如果有往生極樂的願望,是否能得到佛菩薩的接引?
  
李炳南老居士解答 :
求法必須遠離邪見,成功在於是否專一。 既然皈依佛門,就應當遠離外道。邪正混雜,修行就不真。修法既然雜亂,念頭怎麼能夠專一。雖然有往生的願望,但恐怕是可東可西的搖擺心理。三資糧不具備, 怎麼能有往生的份呢?世上的人有的信仰宗教,有的不信仰宗教,有的信仰這種宗教,有的信仰那種宗教。雖然千差萬別,但只要他轉過來相信淨土,並發往生的願 望,他就一定能夠往生。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯