Sabtu, 17 September 2016

Tanya Jawab 127


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
127

Pertanyaan :
1.           Sebagai praktisi awam, tak peduli bagaimanapun tekun melatih diri, saat menjelang ajal juga takkan terlepas dari jatuh sakit bukan?
2.                 Anggota Sangha dan umat awam, saat menjelang ajal adakah perbedaannya?
3.                Umat awam sebaiknya melatih pintu Dharma yang mana, berapa lama waktu yang dibutuhkan, barulah saat menjelang ajal bisa muncul fenomena istimewa?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
1.    Master Dixian dan Master Taixu merupakan Bhiksu senior, saat menjelang ajal juga jatuh sakit. Sedangkan praktisi awam yang bernama Wang Long-shu saat wafat adalah dalam posisi berdiri melafal Amituofo. Dengan demikian tidak ada perbedaan antara anggota Sangha dan umat awam dalam hal jatuh sakit.

2.    Dalam hal ketrampilan diri juga tidak ada perbedaan antara anggota Sangha dan praktisi awam.

3.    Mengenai pintu Dharma mana yang sebaiknya dipilih oleh umat awam. Budddha Dharma itu adalah setara, tidak ada yang lebih tinggi maupun lebih rendah. Meskipun siswa Buddha itu terbagi atas yang berkeluarga dan tidak berkeluarga, tetapi metode yang digunakan untuk melatih diri adalah sama. Hanya saja disesuaikan dengan akar kebijaksanaan dan kemampuan pencerapan masing-masing, sehingga dalam memilih pintu Dharma itu berbeda-beda.

Jadi tidak ada keharusan kalau anggota Sangha harus melatih pintu Dharma    yang mana, lalu umat berkeluarga cuma boleh melatih metode yang mana. Sedangkan mengenai waktu dan fenomena istimewa, semuanya ini tergantung pada ketekunan melatih diri dalam waktu keseharian.   

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一二七)

問 :  
1)在家修行的居士,不管他怎樣精進修持,臨終時都逃脫不了病嗎?(2)在家精進修持的大居士和出家高僧到臨終時,他們的神色有沒有差別?(3)在家修行的居士,應該修哪種法門,要花多少時間,臨終才會出現不同尋常的瑞相?

李炳南老居士解答 :
先說第一個問題。諦閑大師和太虛大師都 是出家高僧,圓寂以前,也示現了病苦。而宋朝王龍舒是在家居士,站著念佛就走了。如此看來,有病無病和出家在家有什麼關係呢?第二個問題是談功夫怎麼樣, 在家和出家都沒有區別。第三個問題說在家的修法問題。佛法平等,無有高下。佛弟子雖然有在家和出家的分別,但修持的方法卻沒有分別。只是根據不同的根器, 選擇不同的方法。並不限定出家修哪種法門,在家修哪種法門。至於說時間和瑞相,哪里有定期,全靠平時勤惰來決定。誰快誰慢,就像一顆樹,哪里先開花,哪里 先果熟,不可能有一個統一的時間。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯