Sabtu, 17 September 2016

Tanya Jawab 144


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
144

Pertanyaan :
Malam pergantian tahun, seluruh anggota keluarga baik tua maupun muda amat bersukacita, melewati tengah malam, saya bangun dan melafal Amituofo, setelah selesai melafal, sudah mendekati pukul tiga pagi, kemudian saya tidur kembali dan saat itulah saya jatuh ke alam mimpi.

Dalam mimpiku, saya melafal Amituofo dan bernamaskara pada rupang Buddha, tiba-tiba saya menangis tak terkendali. Saat terbangun menyadari peristiwa tadi adalah mimpi, air mata masih berlinang.

Tahun baru, malam hari saya melakukan kebaktian sore, ketika melafal sampai nama Bodhisattva Avalokitesvara, tiba-tiba saya teringat pada ibundaku di kampung halamanku di Fujian, lalu airmataku berlinang lagi dan tak terkendali.

Kedua fenomena di atas, adalah baik atau buruk, mohon ceramahnya. 

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Melafal Amituofo dan mengalirkan air mata, ini dikarenakan hati yang tulus; teringat pada ibunda lalu menangis, ini muncul dari hati berbakti. Hati yang tulus dan berbakti adalah kebajikan besar, yang juga merupakan benih sebab dari berkah besar. Praktisi Ajaran Buddha adalah orang yang memahami Hukum Sebab Akibat, jadi apa lagi yang perlu anda khawatirkan?

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一四四)

問 :  
除夕晚上全家大小都很歡樂,夜深之後起來念誦聖號,念完後已接近三點,入睡後進入夢鄉。夢中念誦禮拜佛像,旁邊站立一位僧人,好像是玄妙法師,禮拜念誦中 忽然哭泣不能自製。醒來後知道是夢,兩眼淚水還正在流出來。元旦晚上,晚課念到大悲觀世音菩薩時,忽然思念福建老家的慈母,悲從心起,淚由目出,一時痛哭 不能控制。這兩種景象是善是惡,敬請指示。

李炳南老居士解答 :
念佛流淚,是心誠所起,思親流淚,是心孝而生。誠和孝都是善。古人說:「禍因惡積,福緣善慶。」誠和孝都是大善,就是大福之因。學佛的人,明白因果,你還有什麼擔心呢?

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯