Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
114
Pertanyaan :
Pintu Dharma Tanah
Suci menitikberatkan pada melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci
Sukhavati. Dengan melafal Amituofo maka bisa terlahir di Alam Sukhavati di
penjuru barat, sedangkan melafal nama Bhaisajyaguru Buddha maka terlahir di
Tanah Suci penjuru timur.
Bagaimana kalau
tidak melafal nama Buddha sama sekali, cuma melafal Maha Karuna Dharani, metodenya
juga sama, mulut melafal, telinga mendengar. Praktisi begini saat menjelang
ajalnya, siapa yang datang menjemput, lalu ke mana pula dia akan menuju? Mohon
praktisi senior menceramahkannya.
Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Melafal Amituofo
maka Buddha Amitabha yang datang menjemput, di dalam “Amitabha Sutra” ada
disebutkan tentang hal ini. Sedangkan kalau melafal nama Bhaisajyaguru Buddha,
maka Bhaisajyaguru Buddha yang datang menjemput, hal ini “Tidak” tercantum di
dalam “Bhaisajyaguru Sutra”.
Sedangkan melafal
“Maha Karuna Dharani” ada jasa kebajikannya, sedangkan ke mana kelak akan
menuju, maka tergantung pada kekuatan tekad sendiri. Kalau tidak punya kekuatan
tekad, maka hanya bisa memutuskan sedikit keraguan, ditakutkan malah sulit
terlahir di Tanah Suci penjuru timur maupun barat.
Praktisi jaman dulu
berkata, berhasil atau tidaknya seseorang terlahir di Tanah Suci adalah
tergantung pada ada atau tidaknya keyakinan dan kekuatan tekad yang dimiliki.
Tanpa adanya kekuatan tekad maka tidak dapat terlahir di Tanah Suci baik
penjuru timur maupun penjuru barat!
Dipetik dari : Tanya Jawab
Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun
淨土法門疑難問題解答
(一一四)
問 :
淨土法門貴在念佛求生淨土,如果念阿彌陀佛就往生西方淨土,如果念藥師佛就往生東方淨土,如果沒有念佛,全念大悲咒,像念佛一樣,口念耳聽,專心致志,持之以恒,那麼這個人命終後,誰來接引,往生什麼地方?求大德指示。
李炳南老居士解答 :
念阿彌陀佛,阿彌陀佛就來迎接,《阿彌陀經》有這樣的記載。念藥師佛,藥師佛就來迎接,《藥師經》沒有這樣的記載。念大悲咒,就有念大悲咒的功德,至於往生什麼地方,必須依靠自己的願力。如果 沒有願力,僅僅斷了幾分疑惑,恐怕就難以生東方或西方淨土。古代大德說:能不能往生,就全看有沒有信心和願力。所以沒有願力,就不能生東方或西方淨土啊!
文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯