Minggu, 18 September 2016

Tanya Jawab 164


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
164

Pertanyaan :
Ada seorang umat yang bernama A bilang bahwa orang awam dari alam saha yang hendak menuju Alam Sukhavati atau sebaliknya penduduk Alam Sukhavati hendak menuju ke alam saha, adalah dengan mengandalkan hati, oleh karena hati adalah Buddha, juga adalah tanah suci, jadi kita-kita ini yang melatih Aliran Sukhavati buat apa mesti bertekad lahir ke Tanah Suci Sukhavati? 

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Ini adalah ucapan sesat, yang paling bisa mencelakai orang. Apakah anda tidak tahu bahwa tujuan kita terlahir ke Alam Sukhavati adalah membebaskan diri dari lingkaran tumimbal lahir ; penduduk Alam Sukhavati yang kembali ke dunia saha adalah sudah dibekali dengan kemampuan menyelamatkan para makhluk, mereka sudah meraih keberhasilan dalam melatih diri. Jadi insan suci berbeda dengan orang awam.

Umat A bilang mengandalkan hati, coba tanyakan padanya, apakah praktisi pemula bisa paham apa itu hati? Walaupun paham, lalu bagaimana cara melatihnya? Bagaimana boleh membual sesuka hati?

Hati adalah Buddha juga adalah tanah suci, walaupun ucapan ini tidak salah, tetapi coba tanya pada si A apakah dia punya atau tidak punya hati? Kalau memang ternyata dia punya hati, apakah dia adalah Buddha?

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一六四)

問 :  
曾經聽到一位居士說,娑婆世界的人想往西方世界,西方世界的人想往娑婆世界,求心才最徹底,因為心即是佛,也就是淨土,那麼我們修淨宗的人又何必求生淨土呢?

李炳南老居士解答 :
這些似是而非的話,最能害人。你難道不 知道我們想往生西方,是為了擺脫生死輪迴;西方人想回娑婆,是學已成就,乘願度眾生。凡夫和聖人完全不同啊,求生的意義就有根本區別了。某居士說求心,請 問剛剛入門學佛的人,知道心是什麼?即使知道,又怎麼個求法?怎能用一句空話了事?心就是佛,就是淨土,話雖不錯,但請問某居士有心沒有,他如果有心,他 是否就是佛?

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯