Jumat, 16 September 2016

Tanya Jawab 121


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
121

Pertanyaan :
Bagaimana asal usul Tiga Suciwan Alam Sukhavati, Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Ksitigarbha, lalu sebelum Mereka mencapai KeBuddhaan, apa marga dan nama awamnya, serta lahir pada dinasti apa.

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Ini adalah kejadian pada kalpa lampau yang tak terhingga, sedangkan perjalanan sejarah baru berlangsung selama lima ribu tahun.

“Tiga Suciwan Alam Sukhavati” terdiri dari Buddha Amitabha, Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta. “Sutra Usia Tanpa Batas” menyebutkan bahwa Buddha Amitabha pada masa lampau adalah seorang raja, setelah meninggalkan keduniawian, bernama Bhiksu Dharmakara, kemudian mencapai KeBuddhaan.

Di dalam “Maha Karuna Dharani Sutra” tercantum bahwa pada kalpa lampau yang tak terhingga, ada seorang Buddha yang bergelar “Zheng Fa Ming Ru Lai”, demi menyelamatkan para makhluk sehingga kembali lagi, menuju ke Alam Sukhavati menjadi Bodhisattva, membantu Buddha Amitabha menjemput para makhluk, Beliau adalah Bodhisattva Avalokitesvara.  

“Ksitigarbha Sutra” menyebutkan pada kalpa lampau yang tak terhingga, ada seorang raja, membangkitkan tekad selamanya menyelamatkan para makhluk yang berdosa dan menderita, Beliau adalah Bodhisattva Ksitigarbha.

Lagi pula Buddha dan Bodhisattva selama kalpa yang tak terhingga, tekun melatih diri, tubuh Mereka mana mungkin cuma ada satu saja? Apa saja dibabarkan oleh Sang Buddha di dalam sutra, bila ingin dijelaskan secara terperinci, mustahil bisa selesai bukan?

Umpamanya di dalam sejarah Tiongkok ada tokoh yang bernama Pangu (pencipta alam semesta menurut mitologi Tiongkok), Chao Shi dan sebagainya, bila dibandingkan dengan tokoh-tokoh yang dibabarkan dalam sutra Buddha berkalpa-kalpa yang lampau, maka mitologi Tiongkok masih tergolong dekat kurun waktunya, dan tokoh-tokoh mitologi Tiongkok sudah tidak diketahui baik marga maupun namanya, apalagi yang kurun waktunya lebih jauh?       

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一二一)

問 :  
請問西方三聖、觀音菩薩、地藏菩薩的根源,再請示三菩薩沒有成佛之前,他們在俗家的姓名和出生的朝代。

李炳南老居士解答 :
這都是無量劫前的事了,現在的歷史只講 到五千年,怎麼還談得上朝代。只有閱讀佛經,我們才知道一個大概。西方三聖是阿彌陀佛、觀音菩薩、大勢至菩薩的總稱。《無量壽經》說過,阿彌陀佛過去是一 位國王,出家後名叫法藏比丘,然後修成佛果。《大悲心陀羅尼經》說過,無量劫以前,有一位正法明如來,為度眾生,倒駕慈航,降低身分,到西方世界作菩薩, 輔助阿彌陀佛接引眾生,他就是觀世音菩薩。《地藏本願經》說過,無量劫以前,有一位國王,發願永遠救度罪苦眾生,他就是地藏王菩薩。再說佛菩薩在無量劫歲 月精進修行,他們的身體哪里只有一個呢?經上記載的都是與佛說法有關係的事,瑣碎細節,哪里說得盡呢?所以就略去了。例如中國歷史中的盤古氏、有巢氏等 等,與佛經所說多劫以前的人相比,那是最近的了,而這些人已經沒有姓名,何況最遠的呢?

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯