Sabtu, 01 Oktober 2016

Tanya Jawab 366


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
366

Pertanyaan :
Mengapa dikatakan melafal sepatah Amituofo sudah mencakup 84 ribu Pintu Dharma?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Metode melatih diri tak terpisahkan dari membaca sutra, melafal mantra, mengulang nama Buddha. Satu aksara “A” saja sudah merupakan landasan dari seluruh ajaran, tanpa adanya aksara “A” maka juga takkan ada semua sutra.

“Namo Amituofo” berasal dari Bahasa Sanskrit dan tidak diterjemahkan sama sekali. Satu aksara “A” saja sudah cukup ampuh untuk mengeliminasi bencana, menambah manfaat dan menaklukkan, kalau melafal lengkap “Namo Amituofo”, maka manfaat yang bisa diperoleh tentunya akan berlimpah-limpah, ini merupakan mantra yang paling praktis dan asli.

Meskipun nama Buddha itu beragam jenis banyaknya, tetapi ada sebuah gatha yang menyebutkan : “Diantara semua Buddha di sepuluh penjuru dari tiga masa, Buddha Amitabha merupakan yang terunggul”. Praktisi senior jaman dulu berkata melafal sepatah Amituofo adalah serupa telah melafal nama semua Buddha.

Melafal dan mengingat Amituofo juga telah mencakup Samatha Bhavana dan Vipasyana Bhavana. Orang yang berniat baik takkan memisahkan diri dari lingkungan luar, tetapi lingkungan luar akan menjauh dengan sendirinya, insan yang berpikiran baik, takkan memaksakan diri untuk meredakan kekacauan batin, tetapi kekacauan batin akan reda dengan sendirinya.   

Tidak perlu melakukan segala perenungan dan visualisasi, tidak perlu segala jenis Dhyana, asalkan melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan, maka akan memperoleh pembebasan, meskipun tidak mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan, juga bisa terlahir di sembilan tingkat Bunga Teratai, seperti yang dikatakan sebagai “Tidak perlu menimbun berkah dan kebijaksanaan selama tiga asamkheyakalpa besar, hanya dengan mengandalkan Namo Amituofo keluar dari Triloka”.  

 Maka itu dikatakan bahwa sepatah Amituofo sudah mencakup 84 ribu pintu Dharma. Ini ditujukan untuk memuji keunggulan Aliran Sukhavati, janganlah malah menjelek-jelekkan pintu Dharma lainnya.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(三六六)

問 :  
念南無阿彌陀佛為什麼包盡了八萬四千法門?

李炳南老居士解答 :
修行的工具,不外乎經文、咒語、佛號。 經是貫穿的意思,就是說貫字為句,貫句為篇章。一個「阿」字便是一切字的種子字,是一切教法的根本,如果沒有這個字就沒有一切經典了。咒是秘密真言,六字 洪名都是梵音,沒有翻譯,即使一個阿字,就有息災、增益、降伏、攝召的用途,合六字就更多了,是最簡最真的咒。佛號雖多,但偈說:「十方三世佛,阿彌陀第 一。」古德說念這一個聖號,就等於念一切佛的聖號。修行的辦法,可用止觀統一歸納,念佛憶佛,即止即觀,善念的人,不求離外境,而境自離,善憶的人,不求 止內亂,而亂自止。不必作各種觀想,不必修各種禪定,念到一心不亂,即能徹底解脫,不到一心不亂,也能九品往生,所謂「不用三劫修福慧,只憑六字出乾 坤」。所以說一句佛號包盡八萬四千法門。還要提醒的是,這是讚歎淨宗的殊勝,不要去排斥其他法門。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯