Senin, 19 September 2016

Tanya Jawab 169


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
169

Pertanyaan :
Ada orang yang bertanya : “Siapakah ayahanda Buddha Amitabha?”. Katanya kalau saya sanggup menjawabnya, barulah dia mau meyakini Ajaran Buddha.

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Tempo dulu Master Fa Ming juga pernah mengajukan pertanyaan yang sama kepada Master Da Zhu, master menjawab : “Amitabha bermarga Kausika, ayahandanya bernama Yue Shang, ibundanya bernama Shusheng Miaoyan, ini tercantum di dalam “Dharani Samuccaya Sutra”.

Selanjutnya “Aparimitayur-jnana-hrdaya-dharani(sutra)” menyebutkan bahwa : “Pada masa lampau ada sebuah kerajaan yang bernama Miao Xi, rajanya bernama Kausika. Saat itu kakeknya bernama Raja Qing-tai, ayahandanya bernama Raja Cakravartin Yue Shang, ibundanya bernama Permaisuri Shusheng Miaoyan, melahirkan tiga putra, putra sulung bernama Yue Ming, putra kedua bernama Kausika, putra bungsu bernama Di Zhong”.

Jawaban ini cukup jelas buat disampaikan pada penanya tersebut. Meyakini Ajaran Buddha perlu adanya jodoh, kalau hanya mengajukan pertanyaan ini sebagai syarat untuk meyakini Ajaran Buddha, maka hatinya tidaklah tulus.

Sampaikan padanya, Buddha Dharma adalah urusan besar untuk membebaskan para makhluk dari penderitaan dan memperoleh kebahagiaan, Triratna (Buddha, Dharma dan Sangha) merupakan ladang berkah yang tertinggi tiada taranya, mohon jangan diperlakukan sebagai permainan anak-anak, kalau sembarangan dijadikan bahan bercanda, hanya akan mengundang petaka, menghancurkan masa depan sendiri.    

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一六九)

問 :  
有人問:「阿彌陀佛的父親是什麼人?」他說你如果能夠答復我,我就信佛。

李炳南老居士解答 :
從前法明和尚向大珠和尚也提出了這個問 題,大師回答:「阿彌陀姓憍尸迦,父親名叫月上,母親名叫殊勝妙顏,出自陀羅尼集。」還有《鼓音王經》說:「很久很久以前,有一個國家叫做妙喜,國王叫做 憍尸迦,祖父叫做清泰國王,父親叫做月上轉輪王,母親叫做殊勝妙顏王后,生下三個兒子,大兒子叫做月明,二兒子叫做憍尸迦,三兒子叫做帝眾。」這一段記載 很詳細,可告訴那個提問的人。但信佛有信佛的緣分,如果僅僅提出這一個問題作為信佛的條件,他就不是誠心的。請你轉告他,佛法是救眾生離苦得樂的大事,三 寶是無上福田,千萬不要當兒戲看待,如果隨便開玩笑,就會引來禍患,毀了自己的前途。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯