Rabu, 21 September 2016

Tanya Jawab 216


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
216

Pertanyaan :
Sekarang Buddha Sakyamuni berada di alam mana? Kalau Buddha Sakyamuni masih berada di alam saha, kekuatan tekad maitri karuna para Buddha adalah setara,  kenapa kita harus terlahir ke Tanah Suci Sukhavati?

Kalau dikatakan alam saha ini penuh dengan kekeruhan dan kejahatan, kenapa selain tiga alam rendah (Alam Neraka, Alam Setan Kelaparan, Alam Binatang), maka alam para Buddha lainnya dan Alam Dewa atau surga adalah suci dan bahagia, malah satu-satunya alam saha ini yang penuh dengan kekeruhan dan kejahatan?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Yang pertama, Buddha memiliki tiga jenis tubuh (Trikaya), Dharmakaya memenuhi segala ruang dan waktu, mata kasar manusia tidak mampu melihatnya, sedangkan Nirmanakaya adalah tubuh jelmaan menuruti jodoh yang ada, guna menyelamatkan para makhluk, sejak Buddha Sakyamuni memasuki Parinirvana, Beliau tidak pernah muncul lagi di alam saha ini.

Yang kedua, para Buddha memiliki maitri karuna yang setara, namun Tanah Suci para Buddha ada perbedaan suci dan keruh, tanah suci bahagia, tanah keruh menderita, maka itu mesti menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, sehingga harus terlahir ke Alam Sukhavati.

Yang ketiga, kekuatan tekad para Buddha adalah tidak serupa, kekuatan tekad Buddha Sakyamuni adalah muncul di alam saha untuk menyelamatkan para makhluk, kekuatan tekad Bodhisattva Ksitigarbha adalah muncul di Alam Neraka untuk menyelamatkan para makhluk.

Yang keempat, kebahagiaan di Alam Dewa bukanlah buat selamanya, di Kamaloka ada lima tanda akhir hayat Dewa Dewi, di Rupaloka ada tiga bencana besar, sampai di Arupaloka masih tetap juga harus bertumimbal lahir, bagaimana pantas dikatakan sebagai suci dan bahagia?

Yang kelima, para makhluk menempati tanah suci atau tanah keruh, adalah berasal dari kekuatan karma masing-masing.     

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(二一六)

問 :  
現在釋迦牟尼佛是在哪一個世界呢?如果在我們這個娑婆世界,佛的慈悲願力都是平等的,為什麼還要往生淨土呢?如果說我們這個世界穢惡,為什麼除了三惡道以外,十方佛土或天界都清淨快樂,唯獨我們這個世界穢惡呢?

李炳南老居士解答 :
第一,佛有三身,法身遍滿虛空,凡夫眼 睛看不到,應身隨緣顯現,度化眾生,自從釋迦牟尼世尊滅度後,我們這個世界就沒有再出現過。第二,佛佛都慈悲平等,佛土卻有淨穢的分別,淨土樂,穢土苦, 所以要離苦得樂,就要往生西方。第三,佛的願力各有不同,釋迦牟尼佛的願力,專向娑婆世界普度眾生,地藏菩薩的願力,專向地獄普度眾生。第四,天界不是究 竟快樂,欲界天有五衰,色界天有三大災,無色界天仍舊生死輪迴,怎麼能夠真正談得上清淨快樂呢?第五,眾生居住淨土或者穢土,由眾生的業力所感現。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯