Selasa, 20 September 2016

Tanya Jawab 198


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
198

Pertanyaan :
Katanya Bodhisattva Avalokitesvara hanya menolong orang hidup dan bukan orang mati, sebaliknya Buddha Amitabha menyelamatkan yang mati dan tidak menyelamatkan yang hidup, jadi buat apa tergesa-gesa menuju kematian pergi bertemu Buddha Amitabha?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Ini adalah kepercayaan takhayul masyarakat tradisi, sutra menyebutkan “dengan hati yang paling tulus melafal sepatah Amituofo, dapat mengeliminasi  8 miliar kalpa dosa berat samsara”. Bukankah ini adalah fakta bahwa Buddha Amitabha menyelamatkan orang hidup?

Di dalam “Pu Men Pin” Bodhisattva Avalokitesvara tercantum : “Seluruh alam penderitaan, Alam Neraka, Alam Setan Kelaparan, Alam Binatang, penderitaan lahir, tua, sakit dan mati, berangsur-angsur pasti lenyap”. Bukankah ini adalah fakta Bodhisattva Avalokitesvara juga menolong orang mati?

Mengenai melafal Amituofo adalah tergesa-gesa menuju kematian bertemu Buddha Amitabha, lebih merupakan salah tafsir. Ibarat menimbun persediaan pangan, apakah diperuntukkan buat menyongsong bencana?

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一九八)

問 : 聽說觀音救生不救死,彌陀救死不救生,何必急求死去見彌陀呢?

李炳南老居士解答 :
這是俗傳謬論,經上說「至心念佛一句, 消八十億劫生死重罪。」這不是彌陀救生的證據嗎?《法華經》觀世音菩薩普門品說:「種種諸惡趣,地獄鬼畜生,生老病死苦,以漸悉令滅。」這又難道不是觀音 救死的證據嗎?至於說念佛急求死去見彌陀,更加錯誤。例如儲備糧食,是為了急求災荒嗎?

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯