Senin, 12 September 2016

Tanya Jawab 89


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
89

Pertanyaan :
Praktisi senior tempo dulu berkata : “Sebersit niat pikiran suci sepatah lafalan Amituofo, tiap butir niat pikiran suci adalah tiap patah lafalan Amituofo”. Kalau begini katanya berarti asalkan pikiran suci maka meskipun tidak melafal Amituofo, tapi hati ini juga sudah adalah Buddha?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Setiap aliran memiliki metode pelatihan diri tersendiri, demikian pula dengan Aliran Sukhavati yang menggunakan metode melafal Amituofo. Praktisi senior tempo dulu berkata : “Mutiara murni yang dimasukan ke dalam air keruh, air keruh akan berubah jadi jernih; lafalan Amituofo masuk ke dalam hati yang kacau, hati yang kacau akan berubah jadi tercerahkan”.

Ini berarti lafalan Amituofo adalah benih sebab, mencapai kesucian adalah buah akibatnya. Jadi jangan salah tafsir bahwa benih sebab tidak dibutuhkan maka pikiran bisa langsung jadi suci.

Meskipun ada yang mampu bisa langsung mencapai pikiran suci, tapi berapa banyak praktisi yang sanggup melakukannya? Kalau memang bisa langsung mencapai pikiran suci, maka praktisi ini tentunya memiliki akar kebijaksanaan yang maha.  

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(八十九)

問 : 古代大德說:「一念清淨一念佛,念念清淨念念佛。」如此說來,只要意念清淨,雖然不念佛,此心也是佛了?這樣是否叫做真實念佛呢?

李炳南老居士解答 :
心叫做如來藏,淨就是佛,染就是眾生, 於是就應該明白這兩句話是至理名言。但如何使念頭離染得淨呢?這不是一件容易的事。各宗有各宗的辦法,淨宗則以持名為捷徑。古代大德說:「清珠投於濁水, 濁水不得不清;佛號投於亂心,亂心不得不佛。」這是說佛號為因,清淨為果。不可誤解為不要修因,就能當下一念清淨。能夠當下一念清淨,能有幾人呢?果然能 夠當下一念清淨,那就是大根器的人。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯