Senin, 03 Oktober 2016

Tanya Jawab 403


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
403

Pertanyaan :
Praktisi yang melafal Amituofo di dunia ini, di Alam Sukhavati akan tumbuh sekuntum Bunga Lotus, semakin banyak jumlah lafalan maka Bunga Lotus akan kian subur dan besar, sebaliknya bila lafalan kian sedikit jumlahnya maka Bunga Lotus akan mengecil.

Sekarang pekerjaan saya semakin sibuk, bahkan sehari juga tidak mampu menyelesaikan sebuah jumlah yang tetap, akhirnya cuma bisa sambil kerja sambil melafal di dalam hati, apakah saat menjelang ajal nanti akan ada halangan? 

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Kalau memang sibuk bekerja, tidak dapat menjalani kebaktian, tetapi di dalam hati lafalan Amituofo tetap berkesinambungan tak terputus, jadi janganlah putus asa dan mundur, Bunga Lotus juga tetap akan tumbuh subur.

Bila takut saat menjelang ajal nanti muncul rintangan, maka harus mengandalkan pelatihan diri dalam waktu keseharian. Asalkan dapat mewujudkan dalam kesibukan tak terpisahkan dari lafalan Amituofo, juga janganlah berbuat kejahatan, perbanyaklah kebajikan, melepaskan segala kemelekatan, sehingga di hati cuma ada sepatah Amituofo, saat menjelang ajal pasti takkan ada rintangan.   

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(四零三)

問 :  
念佛的人在西方都孕育了一朵蓮花,念佛增多則蓮花長大,念佛減小則蓮花變小。我現在工作忙,連規定的數目都不能念完,只好一面工作一面默念來補充,將來往生有障礙嗎?

李炳南老居士解答 :
如果因為事忙,不能作完定課,但能在心中默念,這是內不斷,不得自責為退轉,蓮花仍然在滋長。如果擔心臨終生障礙,必須依賴平時修養。只要做到「饒他忙似箭,不離阿彌陀。」,並且又諸惡莫作,眾善奉行,所作俗事,過去就了,使心中有佛無他,臨終一定沒有障礙。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯