Rabu, 21 September 2016

Tanya Jawab 208


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
208

Pertanyaan :
Apakah di Alam Sukhavati cuma ada satu bahasa? Kalau bahasanya berbeda-beda, lantas bagaimana cara penduduk di sana berkomunikasi? Lalu bahasa apa pula yang digunakan Buddha Amitabha dalam membabarkan Dharma?

Apakah kita boleh menggunakan bahasa daerah dalam melafal Amituofo, membaca sutra dan berdoa?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Begitu terlahir ke Alam Sukhavati, telah sempurna akan kemampuan gaib sempurna dan lidah fasih dalam membabarkan Dharma. Lidah fasih ini terdiri dari empat jenis kemampuan, salah satunya adalah menguasai segala jenis bahasa, bahkan kicauan burung dan suara pepohonan juga bisa dimengerti.

Mengenai bahasa yang digunakan oleh Buddha Amitabha dalam membabarkan Dharma lebih istimewa lagi, Buddha Amitabha hanya menggunakan satu jenis bahasa saja dalam menyampaikan ajaranNya, namun seluruh makhluk yang mendengarnya juga bisa memahaminya.  

Setelah memahami hal ini, maka dapat diketahui bahwa tak peduli menggunakan bahasa apapun untuk melafal Amituofo, membaca sutra, berdoa, asalkan dengan hati yang setulusnya, maka hasilnya juga sama.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(二零八)

問 :  
極樂世界有沒有統一的語言?如果沒有,那麼相互之間怎樣聯絡?阿彌陀佛說法用什麼語言?我們用本省語言虔誠地念佛、誦經、祈禱,行不行?

李炳南老居士解答 :
一生到極樂世界,就具備了各種神通和無 礙辯才。無礙辯才分為四個方面,通達各種語言就是其中之一,連鳥叫樹響,都能明白其中的意思。至於佛陀說法的語言更加奇特,只用一種語言說法,所有聽法的 眾生都知道其中的意思。明白了這個意思,就知道不管用什麼語言念佛、誦經、祈禱,只要心裏虔誠,效果都是一樣的。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯