Kamis, 22 September 2016

Tanya Jawab 235


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
235

Pertanyaan :
Di angkasa Alam Sukhavati senantiasa terdengar irama kebahagiaan, bahkan sehari semalam enam periode waktu turun hujan bunga; sedangkan di alam saha, di angkasa takkan terdengar irama kebahagiaan, langit juga tidak menurunkan hujan bunga, apakah angkasa alam kita ini tidak serupa dengan angkasa Alam Sukhavati?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Negeri Sukhavati sungguh berwibawa, secara keseluruhan tidaklah sama dengan alam kita ini. Janganlah mengira bahwa permukaan angkasa di seluruh dunia ini adalah serupa, kenyataannya angkasa di setiap wilayah adalah berlainan, jadi tidak hanya Alam Sukhavati saja bukan?

Permukaan angkasa di bumi ini ada yang serupa dan ada pula yang berbeda, contohnya di wilayah A turun hujan, di wilayah B turun salju, wilayah C cerah, wilayah D badai, sama-sama berada di satu bumi dan satu permukaan angkasa, bisa terdapat banyak perbedaan, jadi apa yang perlu diragukan tentang angkasa di Alam Sukhavati?    

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(二三五)

問 :  
西方空中常作天樂,並且晝夜六時落花雨;我們這個世界的天空不作天樂,不落天花,與極樂世界的天是不是不同呢?

李炳南老居士解答 :
極樂國土極其莊嚴,與我們這個世界完全不同。你不要以為天空都是普罩大地,沒有兩樣。實際各地天空都有所不同,哪里只有極樂世界呢?我們這個地球的天空,也各有不同,甲處降雨,乙處飛雪,丙處晴日,丁處狂風,同在一地球上都有區別,還有什麼要懷疑極樂世界的天空呢?

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯