Sabtu, 17 September 2016

Tanya Jawab 137


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
137

Pertanyaan :
“Dengan hati yang paling tulus melafal sepatah Amituofo, dapat mengeliminasi  8 miliar kalpa dosa berat samsara”. Kalau begitu kita berbuat dosa dulu, baru kemudian melafal Amituofo.

Katanya melafal Amituofo hanya bisa mengeliminasi karma lampau, dengan syarat tidak menciptakan karma baru lagi. Bagaimana yang disebut sebagai karma lampau?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Tempo dulu ada seorang yang bernama A sedang mengkonsumsi racun, melihat hal ini si B jadi panik dan bertanya : “Kenapa kamu bunuh diri?”.

Si A menjawab : “Saya bukan bunuh diri, oleh karena kabarnya di toko obat ada jual penawar racun, saya ingin membeli obat penawar tersebut, jadi terlebih dulu saya coba makan racun dulu”.

Bukankah pertanyaan anda maksudnya adalah demiikian? Masa lampau, sekarang dan yang akan datang, adalah tidak memiliki garis pemisah, tetapi mau memperbaiki diri dan kembali ke jalan yang benar, ada batas pemisahnya.

Tak peduli menjadi manusia yang berguna atau mencapai KeBuddhaan, adalah dihitung sejak dia membangkitkan niat, waktu yang telah lewat dianggap sebagai masa lampau. 

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一三七)

問 :  
「念一句佛號就消滅八十億劫生死重罪。」那麼我們不如造罪以後再來念佛。如果說念佛是消過去的罪業,不再去造新罪,那麼造了罪以後,不又是過去的舊罪了嗎?

李炳南老居士解答 :
從前某甲正在大吃砒霜,某乙看見就驚奇 地問:「為什麼要自殺?」甲說:「我不是自殺,因為聽說某店有解毒的靈藥,我想買來服用,所以就先吃砒霜。」先生所問不正是這不意思嗎?過去、現在和未來 是沒有一個界限的,但改過從新卻是有界限的。不論是做好人,還是學佛,都從他發心的那一天算起,以前的時間就是過去。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯