Rabu, 21 September 2016

Tanya Jawab 215


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
215

Pertanyaan :
Dalam keseharian saya memuja Bodhisattva Avalokitesvara, juga cuma melafal nama Bodhisattva Avalokitesvara, apakah dengan demikian saat menjelang ajal, Bodhisattva Avalokitesvara akan menjemputku terlahir ke Alam Sukhavati?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Melafal Amituofo dapat terlahir ke Alam Sukhavati, ini sesuai dengan tekad agung yang diikrarkan oleh Buddha Amitabha. Oleh karena alasan ini, maka melafal Amituofo boleh tidak perlu melimpahkan jasa.

Bodhisattva Avalokitesvara menggunakan “Pintu Universal” menyelamatkan para makhluk, jadi tidak harus menjemput ke Alam Sukhavati.

Meskipun praktisi yang melafal nama Bodhisattva Avalokitesvara bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka sesuai dengan tekad si praktisi, Bodhisattva Avalokitesvara juga bisa menjemputnya ke Tanah Suci Sukhavati, tetapi di dalam tiga sutra Aliran Tanah Suci, menasehati kita agar melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, jadi lebih baik kita menerima dan meyakini serta mengamalkan ajaran sutra, mematuhi ajaran yang telah dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(二一五)

問 :  
平時信仰觀世音菩薩,只念菩薩聖號,臨終時觀世音菩薩能接引往生嗎?

李炳南老居士解答 :
念阿彌陀佛往生,這是由阿彌陀佛的本願而來。因為這個緣故,所以念佛也可不必回向。觀音智慧多方便多,普門救苦,不一定接引往生。雖然眾生念觀音專求往生,也能隨觀音化身生到淨土,但是淨土三經都叫我們念阿彌陀佛往生淨土,不如依教奉行,聽從佛陀的教導為好。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯