Jumat, 30 September 2016

Tanya Jawab 346


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
346

Pertanyaan :
Apakah tujuan terlahir ke Alam Sukhavati boleh dijadikan dua poin : yang pertama, muak dengan kekeruhan alam saha, mengejar kesucian Alam Sukhavati; yang kedua, terlahir di Alam Sukhavati memperoleh jasa kebajikan yang tak terhingga dari Buddha Amitabha, memupuk benih kebajikan, mengembangkan akar kebijaksanaan, mempersiapkan diri untuk kembali lagi menyelamatkan para makhluk.

Menurut saya poin yang kedua perlu dijelaskan agar setiap praktisi dapat mencapai kondisi batin yang lebih tinggi.

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Kebenaran dari Aliran Sukhavati memang sedemikian rupanya. Bukankah di dalam sutra telah disebutkan bahwa membangkitkan Bodhicitta adalah benih karma suci?

Tiga jenis sebab akibat dalam Aliran Sukhavati juga telah menjelaskan dengan terperinci : melafal Amituofo adalah benih sebab, bertemu Buddha adalah buah akibat; bertemu Buddha adalah benih sebab, mencapai KeBuddhaan adalah buah akibat; mencapai KeBuddhaan adalah benih sebab, menyelamatkan para makhluk adalah buah akibat.  

Namun kelak di kemudian hari, akar Mahayana akan semakin sedikit, sehingga poin yang pertama lebih banyak dibahas. Oleh karena diri sendiri saja tidak sudi diselamatkan, bagaimana lagi membahas menyelamatkan orang lain?

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(三四六)

問 :  
往生極樂世界的目的可不可以歸納為兩點:第一、厭娑婆世界之穢,求極樂世界之淨;第二、在極樂世界受阿彌陀佛無上功德的感化,培養善種,增強慧根,作好乘願再來的準備。我認為要把第二點向大家講清楚,以便引人入勝,登上更高境界。

李炳南老居士解答 :
淨宗大義,本來如此。經論不都說發菩提心是淨業正因嗎?淨宗的三重因果也講得很清楚,念佛是因,見佛是果,見佛是因,成佛是果,成佛是因,度生是果。不過後世大乘根器很少,為了對機起見,所以對第一點演說得比較多。因為自己都不肯度,怎麼還談得上度別人呢?

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯