Rabu, 21 September 2016

Tanya Jawab 226


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
226

Pertanyaan :
Si A dan si B sama-sama melatih Ajaran Sukhavati, si A bertekad : “Saat ajalku menjelang, mesti terlahir di Bunga Teratai tingkatan teratas, apabila cuma tahta perak dan tahta perunggu yang datang menjemput, maka takkan sudi terlahir ke Alam Sukhavati, lebih baik bertumimbal lahir saja di alam saha”. Alasannya adalah melatih diri di alam saha selama sehari bisa melampaui melatih diri di Alam Sukhavati selama setahun.

Sedangkan si B bertekad : “Saya tidak mempermasalahkan tingkatan Bunga Teratai tinggi atau rendah, yang penting sekarang adalah bisa berhasil terlahir ke Alam Sukhavati”. Alasannya adalah terlebih dulu mengakhiri samsara, barulah merupakan hal yang aman.

Diantara kedua tekad tersebut, yang mana yang lebih ideal?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Tentu saja si B, oleh karena si A cuma membual, sama sekali tidak memahami makna yang dikandung Ajaran Tanah Suci. Kesalahannya adalah masih berniat bertumimbal lahir lagi di alam saha, demi memperoleh tahta emas, tidak tahu bahwa begitu lahir di Alam Sukhavati langsung mencapai ketidakmunduran, dalam satu kelahiran mencapai tingkatan Calon Buddha, kenapa malah mempermasalahkan tahta emas?     

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


(二二六)

問 :  
甲乙二人同修淨土,甲發願說:「我命終時,一定要求得上品上生,如果是銀台和銅台來迎接,就決不往生,願意再生娑婆。」他的理由是在娑婆世界修一天勝過在 極樂世界修一年。乙發願說:「我不求品位高低,眼前能夠往生就先往生。」他的理由是菩薩都有隔陰之迷,先了生死,才是最穩當的計策。請問這兩個人願望,誰 最可取?

李炳南老居士解答 :
乙最可取,甲好說大話,還不懂得淨土的含義。他錯在再生娑婆,去取金台,不知道一生西方就不退轉,一生候補佛位,怎麼還會憂慮取不到金台呢?如果引懷玉大師為例,那就要知道大師誓取金台,仍然在當生。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯