Rabu, 28 September 2016

Tanya Jawab 328


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
328

Pertanyaan :
Pintu Dharma Tanah Suci mengandalkan sepatah Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, kalau semua orang cuma tahu melafal Amituofo saja, tidak belajar ajaran sutra, tidak memahami Buddha Dharma, maka “setiap insan cuma tahu menyapu salju di depan rumah masing-masing”, kelak siapa lagi yang akan menyebarluaskan Buddha Dharma? Bahkan Pintu Dharma Tanah Suci juga takkan diketahui orang lagi.

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
“Sutra Usia Tanpa Batas” menyebutkan benih sebab terlahir ke Alam Sukhavati adalah membangkitkan Bodhicitta, yang biasanya kita sebut sebagai “Empat Tekad Bodhisattva”, lalu mesti mengamalkan sila, Sepuluh Kebajikan (Dasa Kusala Karma), berbakti pada ayahbunda, penuh ketulusan, setia, dapat dipercaya dan sebagainya.

Amitayurdhyana Sutra mengajari agar berwelas asih tidak membunuh, disiplin dalam mengamalkan sila, membaca sutra Mahayana, memahami ajaran sutra, yakin pada Hukum Karma dan sebagainya.      

Amitabha Sutra mengemukakan bahwa tidak boleh kekurangan akar kebajikan, berkah kebajikan dan faktor pendukung, barulah bisa terlahir ke Alam Sukhavati.

Ketiga jenis sutra di atas merupakan sutra pegangan Aliran Sukhavati, sama sekali tidak mengajari orang agar jangan belajar ajaran sutra. Aliran Sukhavati memiliki makna yang lebih penting yaitu tujuan terlahir di Negeri Teratai adalah agar segera mencapai pencerahan, kembali lagi ke alam saha menyelamatkan semua makhluk, jadi bukan untuk mengejar kesenangan sendiri.

Kemampuan pencerapan masing-masing makhluk itu berbeda-beda, ada orang yang tidak hobi belajar ajaran sutra, cuma suka menfokuskan pikiran melafal Amituofo, juga bisa membebaskan diri sendiri. 

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(三二八)

問 :  
淨土法門以一句阿彌陀佛就可以往生,如果大家只管念佛,不去研究經典,不懂佛法,那麼大家就「各人自掃門前雪」了,將來還有誰來弘揚佛法呢?連淨土法門也沒有人知道了。

李炳南老居士解答 :
無量壽經說往生正因是發菩提心,也就是 我們經常說的四弘誓願,還要守戒,作十善業,孝順父母,至誠忠信等等。觀經主張慈心不殺,嚴守戒律,讀誦大乘經典,理會教義,相信因果等等。彌陀經提出不 可以少善根福德因緣得生彼國。以上三經,是淨宗的根本經典,並沒有教人不研究經義。本宗更有一個重要的意義,即求生蓮邦的目的為了趕快覺悟,回到娑婆,普 度眾生,根本不是去自求享受。眾生根器不同,有些人不能研究經典,只要一心念佛,也能得到自了。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯