Rabu, 21 September 2016

Tanya Jawab 206


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
206

Pertanyaan :
Pada jaman berakhirnya Dharma, satu persatu sutra akan mulai lenyap dari peredaran, akhirnya yang tersisa cuma “Namo Amituofo” yang akan muncul di angkasa, asalkan mau melafalnya maka juga bisa terlahir ke Alam Sukhavati, jadi ini sungguh menguntungkan para makhluk yang hidup pada era tersebut.

Kalau memang Buddha Amitabha maha maitri maha karuna menyelamatkan semua makhluk, mengapa tidak sekarang saja muncul menampilkan diri di angkasa, sehingga umat manusia bersedia melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati? Kenapa malah memberi keuntungan bagi para makhluk yang hidup pada masa berakhirnya Dharma?  

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Sepatah “Namo Amituofo”, kini di dinding vihara-vihara bukankah banyak terukir tulisan ini, pria wanita tua dan muda, semua insan juga bisa mengetahuinya, bukankah ini juga serupa dengan menampilkan diri di angkasa?

Apalagi sekarang masih ada ajaran sutra, masih banyak praktisi yang bersedia belajar Buddha Dharma atas kemauan sendiri, apakah begini bukan berarti Buddha memberi keuntungan berlebih pada makhluk yang hidup pada era sekarang ini?

Bukan hanya ini saja, bahkan masih banyak kalyanamitra yang menyebarluaskan Saddharma (Dharma sejati), menambah keyakinan orang banyak, bukankah hari ini lebih menguntungkan daripada hari kelak?

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(二零六)

問 :  
佛法即將滅盡之時,一切經典相繼消失,最後只有六字洪名現在虛空,眾生如果肯念,就能往生,那真是太便宜了。那個時候是人,這個時候也是人,佛既然大慈大悲救度眾生,為什麼不現在就顯現在虛空,使人念佛往生呢?反而要優待法盡時的眾生呢?

李炳南老居士解答 :
南無阿彌陀佛六字,現在各寺都寫在牆壁上,男女老幼,盡人皆知,這不就是等於顯現在虛空嗎?何況今天還有經典,很多眾生還能自覺念佛,難道不是佛優待今天的眾生嗎?不僅如此,還有很多善知識弘揚正法,增加人們的正信,這難道不是今天比未來更便宜嗎?

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯