Sabtu, 17 September 2016

Tanya Jawab 138


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
138

Pertanyaan :
Saya membaca “Ksitigarba Sutra” lalu melimpahkan jasa kepada mendiang ayahbunda agar terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi saya merasa ragu, oleh karena saya sendiri melafal Amituofo belum sampai tahap pikiran terfokus, bahkan tidak memiliki keyakinan pasti bisa berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, sekarang saya malah melimpahkan jasa agar mendiang ayahbunda saya bisa terlahir ke Alam Sukhavati?

Lagi pula untuk terlahir ke Alam Sukhavati harus sempurna akan keyakinan dan tekad, apabila keyakinan dan tekad yang dimiliki mendiang tidak mencukupi, bagaimana? 

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Pintu Dharma Tanah Suci adalah Jalan Bodhisattva, maka itu harus membangkitkan tekad untuk menyelamatkan diri sendiri juga menyelamatkan orang lain, meskipun sekarang masih belum memiliki kekuatan untuk menyelamatkan para makhluk, tetapi diri sendiri telah menanam benih untuk menyelamatkan semua makhluk, asalkan mempunyai niat begini barulah bisa terlahir ke Alam Sukhavati. Jadi untuk terlahir ke Alam Sukhavati, terlebih dulu harus mempunyai modal, yakni niat untuk menyelamatkan makhluk lainnya, setelah berhasil mencapai KeBuddhaan di Alam Sukhavati, lalu kembali lagi untuk menyelamatkan makhluk lainnya.

Membangkitkan niat untuk menyelamatkan mendiang ayahbunda, merupakan faktor pendukung bagi praktisi Aliran Sukhavati. “Amitabha Sutra” menyebutkan tidak boleh kekurangan akar kebajikan, berkah kebajikan dan faktor pendukung, supaya bisa terlahir ke Alam Sukhavati. “Sutra Usia Tanpa Batas menyebutkan bahwa benih sebab terlahir ke Alam Sukhavati tak lain adalah “harus berbakti”.

 “Amitayurdhyana Sutra” menyebutkan bila ingin terlahir di Alam Sukhavati harus melatih “Tiga Berkah Karma Suci” yakni yang pertama adalah “berbakti pada ayahbunda, menghormati guru, berwelas asih tidak membunuh, mengamalkan sepuluh kebajikan”.

  Meskipun mendiang ayahbunda anda masih belum memiliki keyakinan dan tekad yang kuat, juga dapat menambah berkah kebajikan, bahkan menanam benih memperoleh penyelamatan; sedangkan kalau keyakinan dan tekad mereka telah bulat, maka akan meningkatkan tingkatan Bunga Teratainya.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一三八)

問 :  
嘗見感應錄中,往往有念誦《地藏經》令已亡父母超升極樂,回向偈中也有「願我宿現諸父母……接引往生安樂剎」的句子,我私下裏認為,我自己念佛未到一心,往生尚且沒有把握,而為亡者念誦反易往生嗎?況且往生先要具足信願,若亡者信願不足,怎麼辦呢?

李炳南老居士解答 :
淨土法門是大乘菩薩道,既然是菩薩道, 就必須發自度度人的菩薩心願,雖然暫時無力度眾生,但已種下普度之因,只有具備這種發心,才能往生西方,往生西方就是使自己先有普度眾生的本領,然後再回 娑婆重續舊願。發信度亡父亡母,是淨宗學者的助行。《阿彌陀經》說不可以少善根福德因緣得生彼國,《無量壽經》說往生正因「要當孝順」,《觀無量壽佛 經》說欲生彼國,當修三福,第一即是「孝養父母,奉事師長,慈心不殺,修十善業」。至於亡父亡母雖然暫時還不具信願,也能增加福德,並種得度之因,若已具 信願,則增蓮位。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯