Minggu, 18 September 2016

Tanya Jawab 156


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
156

Pertanyaan :
Amitabha Sutra menyebutkan: “Buddha Amitabha telah mencapai KeBuddhaan sejak sepuluh kalpa yang silam”. Kalpa itu terdiri dari kalpa besar, kalpa menengah dan kalpa kecil, Buddha Amitabha mencapai KeBuddhaan sudah 10 kalpa lamanya, kalpa di sini menunjukkan kalpa yang mana? Bagaimana perhitungan kalpa besar, menengah dan kecil? Sebelum Buddha Amitabha mencapai KeBuddhaan, apakah di Alam Sukhavati sudah ada Buddha lainnya?    

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Dihitung dari usia manusia tinggal 10 tahun saja, setiap melewati seratus tahun usia manusia bertambah setahun, penambahan ini terus berlangsung hingga usia manusia mencapai 84 ribu tahun. Selanjutnya setiap melewati seratus tahun usia manusia berkurang setahun, pengurangan ini terus berlangsung hingga usia manusia tinggal 10 tahun saja.  

Periode selama penambahan dan pengurangan ini disebut sebagai 1 kalpa kecil, 20 kalpa kecil adalah 1 kalpa menengah, 4 kalpa menengah adalah 1 kalpa besar.

10 kalpa yang disebutkan dalam Amitabha Sutra, menurut apa yang dikatakan oleh praktisi terdahulu, menunjuk pada kalpa besar.

Alam Sukhavati yang ada di penjuru barat adalah diwujudkan oleh 48 tekad Buddha Amitabha, jadi sebelum ada Buddha Amitabha, Alam Sukhavati belum terwujud.  
   
Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一五六)

問 :  
《阿彌陀經》說:「阿彌陀佛成佛以來於今十劫。」查劫有大中小三種,阿彌陀佛成佛十劫,是指哪一種劫?三種劫各有多少年?西方佛國在阿彌陀佛沒有成佛之前,有沒有其他佛?

李炳南老居士解答 :
從人的壽命十歲開始,每過百年增一歲, 增加到八萬四千歲為止,以後每過百年減一歲,一直減少到十歲為止。這一增一減的時間就叫做一小劫,二十個小劫合為一個中劫,四個中劫合為一個大劫。《阿彌 陀經》所說的十劫,按前人的說法是指大劫。西方極樂世界是阿彌陀佛四十八願所成的佛土,在阿彌陀佛之前沒有成就這個世界。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯