Minggu, 18 September 2016

Tanya Jawab 159


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
159

Pertanyaan :
Pintu Dharma Tanah Suci menyebutkan puluhan ribu praktisi yang melatihnya maka puluhan ribu pula yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi mengapa justru banyak praktisi pelafal Amituofo yang gagal terlahir di sana? Apakah niat yang mereka bangkitkan tidak benar atau cara melatih mereka yang tidak benar?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Niat yang dibangkitkan tidak benar dan cara melatih diri yang tidak benar merupakan alasan utama. Berulang kali telah ditekankan bahwa terlahir ke Alam Sukhavati bukan untuk menikmati kesenangan, tetapi demi menyelamatkan para makhluk, hanya setelah terlahir ke Alam Sukhavati, memasuki “Universitas Tanah Suci Sukhavati”, belajar dibawah bimbingan Buddha Amitabha, barulah punya kemampuan untuk menyelamatkan para makhluk. 

Maka itu, praktisi yang melatih metode Tanah Suci, membangkitkan niat itu haruslah benar, yakni mesti membangkitkan Bodhicitta, kalau tidak membangkitkan Bodhicitta, meskipun melafal Amituofo sampai tenggorokan pecah, berapa besar manfaat yang bisa diperoleh?

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一五九)

問 :  
淨土法門說萬人修就有萬人去,為什麼念佛的人仍然有很多去不了?是他們因地發心不正呢,還是他們的修法不對呢,或者是佛順應世人「先以欲鉤牽」呢?

李炳南老居士解答 :
在這裏不能用「先以欲鉤牽」這句話,發 心不正,修法不對才是最主要的原因。本問答已反覆強調往生不是為了個人享受,而是為普度眾生,只有往生後,到阿彌陀佛的「淨土大學」學習,才能具備度生的 本領。因此,修淨土的人,發心要正,發心要正,就是要發菩提心,不發菩提心,彌陀念破喉嚨,又有多大用處?

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯