Jumat, 23 September 2016

Tanya Jawab 252


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
252

Pertanyaan :
Si A sekarang lagi melakukan pekerjaan sebagai tukang jagal, meskipun sudah melafal Amituofo, tapi juga tidak kembali ke jalan yang benar, apakah saat menjelang ajal bisa terlahir ke Alam Sukhavati? Apakah karma buruk yang dilakukannya akan berdampak pada keluarganya?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Setelah melafal Amituofo tidak boleh melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan pembunuhan lagi, jangan karena keuntungan sesaat sehingga menghilangkan nyawa makhluk hidup dan merugikan jiwa kebijaksanaan diri sendiri.

Kalau di dalam keluarga ada yang menjalani pekerjaan sedemikian rupa, maka harus menasehatinya agar mengubah mata pencahariannya tersebut. Walaupun dalam waktu singkat tidak bisa beralih, juga harus memikirkan jalan keluar, agar bisa beralih ke bidang pekerjaan lainnya.

Sebelum beralih ke bisnis lainnya, bolehlah mewakilinya melafal Amituofo dan bertobat. Kalau diri sendiri tidak menciptakan karma pembunuhan, maka takkan menghalangi usaha terlahir ke Alam Sukhavati.

Pelaku karma buruk menerima buah akibatnya sendiri, ini ditetapkan oleh Hukum Karma.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(二五二)

問 :  
家人現在做殺生的行業,今天雖然念佛,但不能改行,到臨終時能往生嗎?影響家族其他人嗎?

李炳南老居士解答 :
念佛後決不能再做殺生的職業,不要因一 時謀財害命,而斷送了自己永久的慧命。如果家裏有人從事這種職業,應該勸他趕快改行。一時做不到,也要慢慢想辦法,達到改行的目的。在沒有改行前,可以代 替他念佛懺悔。如果自己不造殺業,往生不會有阻礙,各人造業各人受,這是由因果規律決定的。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯