Senin, 26 September 2016

Tanya Jawab 292


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
292

Pertanyaan :
Di dalam Sutra Lotus Bab Pintu Universal (Pu Men Pin) tercantum : “Andaikata ada wanita yang memohon dikaruniai anak laki-laki, bernamaskara dan memberi persembahan kepada Bodhisattva Avalokitesvara, maka akan melahirkan anak laki-laki yang memiliki berkah kebajikan dan kebijaksanaan; kalau ingin memohon dikaruniai anak perempuan, maka akan melahirkan anak perempuan yang memiliki rupa yang bagus”.

Katanya Bodhisattva Avalokitesvara menyelamatkan para makhluk terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi kenapa malah mengkaruniai anak?  

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Terlahir ke Alam Sukhavati mesti mendengar Dharma dan menuruti Dharma melatih diri, barulah bisa berhasil. Sebagian besar manusia hanya menginginkan pahala Alam Dewa dan Manusia, tidak membangkitkan tekad mengakhiri samsara, maka itu tidak bisa keluar dari alam saha.  

Bodhisattva Avalokitesvara menuruti kehendak para makhluk, juga mengabulkan permohonan mereka yang ingin dikaruniai anak laki-laki maupun anak perempuan, ini hanyalah upaya kausalya sesaat, tujuan akhirnya adalah menuntun para makhluk untuk membebaskan diri dari enam alam tumimbal lahir.   

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(二九二)

問 :  
  普門品中說:「若有女人想要求男,禮拜供養觀世音菩薩便生福德智慧的男兒;想要求女,便生端正有相貌的女子。」菩薩度眾往生西方,為什麼還送子呢?

李炳南老居士解答 :
生西一定要聽法去修行,才能成就。很多眾生,只要人天福報,不發出世大心,自然就不能超出娑婆。菩薩隨順眾生,也滿那些求男求女的人的願,這是行一時方便,他的最終目的還是要引導眾生解脫六道輪迴。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯