Minggu, 18 September 2016

Tanya Jawab 153


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
153

Pertanyaan :
Melafal Amituofo itu adalah melafal Amituofo yang ada di dalam hati atau yang ada di luar? Ketika melafal Amituofo, hati dan Buddha adalah menyatu, hati adalah Buddha, jadi melafal Amituofo adalah melafal hati.

Kalau melafal dengan cara begini apakah benar atau sesat?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Kalimat yang anda tulis, meskipun berasal dari buku, tetapi anda sesungguhnya tidak memahami apa yang disebut sebagai hati dan Buddha menyatu, hati adalah Buddha dan sebagainya. Silap sedikit saja, maknanya sudah beda jauh sekali! Saya sendiri selama 40 tahun terakhir juga hanya bisa memahami secuil saja.

 Maka itu lebih baik tidak menghiraukan segalanya, hanya menfokuskan pikiran melafal Amituofo, kerahkan segenap perhatian ke dalam sepatah Amituofo, melafal sendiri mendengar sendiri, pasti akan memperoleh manfaatnya.

Ketahuilah bahwa “sebersit niat pikiran yang melafal Amituofo” adalah begitu menakjubkan dan sulit diungkapkan dengan kata-kata, jadi tidak perlu cari-cari masalah yang akhirnya malah membuat repot diri sendiri.      

Anda mengemukakan sejumlah teori, tampaknya anda begitu hebat dan berpengetahuan luas, padahal sesungguhnya ini adalah bentuk khayalan, masih saja merupakan pandangan dan pengetahuan orang awam.

Tidak mampu mencapai pencerahan mendadak, makanya jangan mengemukakan teori-teori yang sulit dicerna, lebih baik membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, ini lebih bisa diandalkan.  

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一五三)

問 :  
念佛是念自心佛,還是念心外佛?當念佛的時候,把能念的心和所念的佛,融會為一,心佛無二,即心即佛,念佛即是念心。如此念去,不知是否有誤?

李炳南老居士解答 :
居士這段高論,雖然來自書本,但你對於 什麼是自心,什麼是心外,什麼是心佛無二,什麼是即心即佛,沒有真正瞭解它們的意義。差之毫釐,謬以千里啊!鄙人四十年來才曉得幾分「心內」,至於「心 外」還不能明瞭。莫如一切不管,集中精力,全力念佛,自念自聽,就一定能得到實用。應該知道這個「當前一念」微妙難言,不必另外去多找麻煩。你能說這些大 道理,表面上是高明,實則是妄念,仍舊是凡夫知見。不能頓悟,就不要去高談唯心淨土,還是老實念佛穩妥。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯