Selasa, 20 September 2016

Tanya Jawab 193


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
193

Pertanyaan :
Melafal Amituofo bertujuan untuk menghapus bentuk-bentuk pikiran, sehingga di hati tiada kekhawatiran lagi, dengan demikian barulah ada kemungkinan bisa terlahir ke Alam Sukhavati.

Tetapi saya sebagai seorang tentara, tiada waktu luang untuk bisa duduk tenang, sehingga sulit untuk mewujudkan tujuan ini. Tetapi harapanku juga bukan untuk terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi saya berharap kelak bisa membantu Buddha Amitabha untuk menyelamatkan semua makhluk, apakah cita-citaku ini dapat terkabul? 

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Untuk menyelamatkan para makhluk mesti memiliki persyaratan seperti kebijaksanaan, pengetahuan Dharma dan sebagainya, jadi bukan dengan modal kosong maka bisa menyelamatkan para makhluk.

Tujuan dari terlahir ke Alam Sukhavati adalah untuk menimbun kebijaksanaan, pengetahuan Dharma, sehingga mencapai keberhasilan dalam waktu singkat, lalu kembali lagi untuk menyelamatkan makhluk lainnya.

Ibarat anda hendak menolong orang yang tenggelam di air, maka terlebih dulu harus belajar berenang dan mempunyai kemampuan untuk menyelam.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一九三)

問 :  
持名念佛,目的在於清除雜念,做到心無罣礙,這樣才有往生的的可能。但我作為一個軍人,沒有片刻的寧靜,難以達到這個目的。不過我的願望不在往生,而是求得來生為佛普度眾生,不知是否能夠如意?

李炳南老居士解答 :
普度眾生一定要有智慧、學問等種種條件,並不是有這個空想就可以度生。往生的目的正是為了求得智慧、學問,加速成就,然後乘願再來,普度眾生。例如要挽救落水的人,自己先要學好游泳的本領。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯