Minggu, 02 Oktober 2016

Tanya Jawab 382


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
382

Pertanyaan :
Apakah melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, wajib bervegetarian?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Syarat dari terlahir ke Alam Sukhavati adalah melafal Amituofo hingga mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan, ini adalah pelaksanaan utama, sedangkan bervegetarian adalah pelaksanaan pendukung.

Pelaksanaan utama adalah benih kebijaksanaan, pelaksanaan pendukung adalah benih berkah. Kalau cuma punya berkah tapi tak punya kebijaksanaan, maka tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati, sedangkan kalau punya kebijaksanaan tapi tak punya berkah, saat menjelang ajal menghadapi halangan. 

Praktisi yang tidak sanggup bervegetarian juga harus menghindari pembunuhan, ada daging tiga kriteria (tidak melihat dan mendengar langsung saat disembelih, bukan karena diriku maka disembelih), ini boleh saja.

Andaikata dapat membentuk Keluarga Buddhis, kemudian juga memiliki kesempatan buat bervegetarian, lantas mengapa tidak menjalaninya? Walaupun tidak sanggup membentuk Keluarga Buddhis, sebagai seorang praktisi, hendaknya juga harus giat berusaha untuk bervegetarian.

Yang pasti tidak sanggup bervegetarian adalah dikarenakan faktor lingkungan yang tidak mendukung, janganlah malah karena diri sendiri adalah “meat lover”.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(三八二)

問 :  
念佛往生必須斷除肉食嗎?

李炳南老居士解答 :
往生的條件,在於念佛到一心不亂,這是 正行,吃素是助行。正行是慧業,助行是福因,有福無慧,不能往生,有慧無福,臨終生障。修行人不能吃長素,也必須戒殺,有三淨肉和肉邊菜,都可以方便。若 能佛化家庭,有條件吃素,為什麼不吃素呢?若不能佛化家庭,也要朝著這個方向努力。不能吃素,是因為條件和環境不許可,並非是主觀上想吃葷。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯