Minggu, 18 September 2016

Tanya Jawab 162


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
162

Pertanyaan :
Praktisi senior tempo dulu berkata : “Berhasil tidaknya seorang praktisi terlahir ke Alam Sukhavati, adalah tergantung ada tidaknya keyakinan dan tekad yang dimiliki; tinggi rendahnya tingkatan Bunga Teratai yang dicapai adalah tergantung pada dalam atau dangkalnya ketrampilan melafal Amituofo yang dimiliki”. 

Sekarang ada seorang praktisi yang telah memiliki keyakinan, tekad dan pengamalan, tetapi dia tidak membangkitkan Bodhicitta, hanya berharap semoga bisa terlahir ke Alam Sukhavati untuk menikmati berkah, dengan demikian tidak bisa terjalin dengan hati maha karuna Buddha Amitabha. Andaikata orang ini memiliki keyakinan dan tekad yang begitu kuat, apakah bisa terlahir ke Alam Sukhavati?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Juga bisa berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi cuma bisa mencapai tingkatan yang setara dengan Dewa, Manusia atau Sravaka. Kalau tidak membangkitkan Bodhicitta, sulit mencapai tingkatan calon Buddha.

Walaupun dia memiliki keyakinan dan tekad yang begitu kuat, juga menfokuskan pikiran melafal Amituofo, meskipun dia telah mempersiapkan bekal terlahir ke Alam Sukahvati, oleh karena dengan hati yang paling tulus melafal sepatah Amituofo, dapat mengeliminasi 8 miliar kalpa dosa berat samsara, dia begitu tulus yakin pada kekuatan penyelamatan Buddha Amitabha, dengan sendirinya oleh karena melafal Amituofo memperoleh pemberkatan kekuatan maitri dan terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi oleh karena tidak membangkitkan Bodhicitta, maka itu untuk sementara dia masih memiliki jarak dengan pencapaian KeBuddhaan, hanya bisa mencapai tingkatan setara Dewa, Manusia atau Sravaka saja.

Tetapi dengan melanjutkan pelatihan diri, dia juga akan membangkitkan Bodhicitta. Kalau tidak membangkitkan Bodhicitta maka tidak bisa mencapai KeBuddhaan.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一六二)

問 :  
古代大德說:「能否往生,就要看這個人有沒有信心和願力;等級高低,就要看這個人念佛功夫的深淺。」現在有人具備了信願行,但不能發大菩提心,只希望往生極樂國土享福,這樣就不能和阿彌陀佛的大悲心相應。如果這個人有很強的信心和願力,他是否能夠往生?

李炳南老居士解答 :
也能夠往生,只不過相當人天或聲聞的地 位。不發大心,難以候補佛位。既然已經具備了很強信心和願力,又一心念佛,就具備了往生資糧,因為真心念一句彌陀就消八萬四千劫大罪,他虔誠地相信阿彌陀 佛的力量,自然因念佛而得慈力加持而往生,只因為不能發大菩提心,所以暫時還與佛相隔,只能相當人天或聲聞的果位。但是,繼續修行,就會發大菩提心。不發 大心,是不能成佛的。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯