Sabtu, 17 September 2016

Tanya Jawab 128


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
128

Pertanyaan :
Abangku bernama Zhuo Zhi-li, bervegetarian dan melafal Amituofo sudah lebih dari 30 tahun lamanya, selama periode 30 tahun melatih diri, melewati berbagai penderitaan! Beliau berharap dapat menggunakan tetesan air mata-nya selama bertahun-tahun tekun melafal Amituofo, menyirami Bunga Teratai di Alam Sukhavati.

Apakah dengan upaya beliau selama bertahun-tahun melafal Amituofo, tak pernah malas, saat menjelang ajal apakah dapat membawa serta karma terlahir di Negeri Buddha Amitabha?    

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Apakah abang anda berhasil atau tidak terlahir ke Alam Sukhavati, saat menjelang ajalnya, saya tidak menyaksikan-nya secara langsung. Kalau tidak ada bukti-bukti yang jelas, maka tidak berani mengambil kesimpulan.

Tetapi menurut ajaran yang dibabarkan Buddha Sakyamuni, dengan hati yang setulusnya melafal sepuluh lafalan saja sudah bisa memperoleh penjemputan dari Buddha Amitabha.

Apabila abang anda memiliki keyakinan hati dan kekuatan tekad, melafal berkesinambungan tak terputus, mana ada alasan tidak terlahir ke Alam Sukhavati? Kalau memang berhasil terlahir di sana maka dengan sendirinya juga membawa serta karmanya.

Membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati merupakan sisi yang leluasa dari Aliran Tanah Suci, yang juga merupakan alasan penting mengapa Pintu Dharma Tanah Suci disebut sebagai metode yang mudah diamalkan.

Kalau memang sudah terlahir di Alam Sukhavati, maka dengan sendirinya mengandalkan pemberkatan kekuatan maitri Buddha Amitabha, melatih diri di Alam Sukhavati, kemudian kembali lagi menyelamatkan para makhluk.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一二八)

問 :  
家兄卓智立居士吃素念佛有三十多年歷史,在三十多年修行期中,歷盡多少辛苦!他曾經唱道:「茹苦含辛揚淨土,臥薪嘗膽念彌陀。」又說:「夜寢夙興依大士, 朝參暮禮念彌陀。」希望用多年來至誠念佛的淚水,滋潤西方蓮池的蓮心。請問他一生這樣精勤念佛,始終不懈,臨終能夠帶業往生佛國嗎?

李炳南老居士解答 :
令兄是否往生,臨終時候,鄙人並未在 場。沒有搜集根據,不敢輕易斷言。但按佛陀的教導來說,誠心十念,都能蒙佛接引。令兄果然能夠有信心和願力,念茲在茲,哪里有不往生的道理?既然往生了, 自然就帶業。帶業往生是淨土的殊勝方便,也是淨土法門為什麼是易行道的主要原因。既然往生,自然就是依靠彌陀慈力加持,到西方極樂淨化後,再返回娑婆,普 度眾生。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯