Jumat, 09 September 2016

Tanya Jawab 52


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
52

Pertanyaan :
Ada dua orang praktisi, yang satu menfokuskan diri melafal Amituofo, yang satunya lagi melatih metode “Yang melafal Amituofo itu siapa”. Apabila dua praktisi ini memiliki keyakinan dan tekad yang sama, kesempatan siapa yang lebih besar untuk berhasil terlahir ke Alam Sukhavati?  

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Orang yang melatih metode “Yang melafal Amituofo itu siapa”, menitikberatkan pada keyakinan bahwa dengan mengandalkan kekuatan diri sendiri bertekad terlahir ke Alam Sukhavati; sedangkan praktisi yang menfokuskan diri melafal Amituofo, menitikberatkan pada keyakinan bahwa dengan mengandalkan kekuatan Buddha Amitabha bertekad terlahir ke Alam Sukhavati. 

Keyakinan yang dimiliki dua praktisi ini sudah berbeda, oleh karena keyakinan sudah tidak sama, bagaimana bisa diperbandingkan? Berhasil tidaknya seseorang itu tergantung pada tingkat ketekunan masing-masing. Seluruh ajaran sutra mempunyai satu tujuan akhir yakni Tanah Suci Sukhavati, melatih Pintu Dharma Tanah Suci merupakan jalan yang paling singkat, adakah yang perlu diragukan lagi?  

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(五十二)

問 :  
現在有兩個人,一個人專一念佛,一個人兼參念佛是誰。如果兩個人的信願相同,那麼誰往生的把握大?

李炳南老居士解答 :
參念佛是誰,注重相信自己的力量,求生極樂世界;專一念佛,注重相信阿彌陀佛的力量。兩者的信仰已經不同了。既然信仰不同,又怎麼比較呢?能否成功,要看各人的努力程度。千經萬論,指歸淨土,修行淨土法門,是捷徑中的捷徑,還什麼懷疑呢?

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯