Minggu, 18 September 2016

Tanya Jawab 154


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
154

Pertanyaan :
Master Yin Guang bilang melatih meditasi adalah melatih samatha dan vipassana bhavana, melafal Amituofo adalah salah satu metode praktis untuk melatih samatha dan vipasyana bhavana. Tetapi kenapa banyak buku justru mengatakan bahwa Aliran Dhyana dan Aliran Sukhavati tidak boleh dilatih secara bersamaan?  

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
“Melatih sekaligus Aliran Dhyana dan Aliran Tanah Suci bagaikan mengenakan tanduk macan”. Jadi bagaimana boleh bilang Aliran Dhyana dan Aliran Sukhavati tidak boleh dilatih secara bersamaan?

Tetapi mesti memahami dengan mendalam Ajaran Dhyana dan Ajaran Sukhavati, kalau tidak memahaminya dengan benar, maka sudah salah tambah salah lagi, sampai saat itu, dibilang Aliran Zen bukan Zen, dibilang Aliran Tanah Suci tidak kayak Tanah Suci, tidak ada satupun yang bisa berhasil.

Anda bilang Master Yin Guang cuma mengatakan melatih Aliran Dhyana dan Aliran Tanah Suci adalah melatih samatha dan vipassana bhavana, jadi Master Yin Guang sama sekali tidak mengajari orang melatih sekaligus Aliran Dhyana dan Aliran Tanah Suci, jangan salah tafsir.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一五四)

問 :  
看印光大師的在家男女學佛程式上說,修習禪定,就是修習止觀,而念佛就是修習止觀的一種方便法門。為什麼很多書上說禪淨不能雙修呢?

李炳南老居士解答 :
「有禪有淨土,猶如戴角虎。」怎麼不容許禪淨雙修呢?但必須深刻理解什麼是禪,什麼是淨,如果不明白道理,就會錯上加錯,到那時禪不禪,淨不淨,一無所成了。你所提的印光祖師那一段話,只是說禪淨都是「止觀」,並不是教人同修禪淨,請不要誤會。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯