Rabu, 21 September 2016

Tanya Jawab 224


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
224

Pertanyaan :
Ada seorang anggota Sangha yang bilang setiap kelahiran demi kelahirannya, dia akan bertumimbal lahir jadi Bhiksu dan menyebarluaskan Buddha Dharma memberi manfaat bagi para makhluk, tidak sudi terlahir di Negeri Sukhavati. Saya merasa tekad Bhiksu ini pantas membuat orang jadi salut, tapi Bhiksu ini juga adalah orang  awam, begitu sehela nafas tidak kembali lagi, entah menuju ke alam mana, masih belum bisa punya kepastian, dengan demikian bukankah akhir hayatnya sungguh mengerikan? Lalu ceramah Dharma yang dia berikan, apakah malah menyesatkan diri sendiri dan orang lain?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Terlahir di Alam Sukhavati adalah demi meningkatkan kebijaksanaan dan kemampuan gaib, bertekad kembali lagi menyelamatkan para makhluk, menyebarluaskan Buddha Dharma memberi manfaat bagi semua makhluk, ini merupakan ajaran dasar dari Aliran Tanah Suci.

Kalau beranggapan menjadi ksatria yang cuma tahu menyelamatkan diri sendiri, maka ini keseluruhannya adalah salah tafsir. Anggota Sangha yang anda sebutkan itu, bagaimana keadaannya saya juga kurang paham. Apakah dia akan menyesatkan dirinya sendiri, saya juga sulit menduganya. Tetapi apakah omongannya itu bisa menyesatkan orang lain, takutnya hal ini sulit dihindari.  

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(二二四)

問 :  
某法師說願生生世世為法師以弘法利生,不願往生安養。我認為這種願力固然可以敬佩,但某法師也是凡夫,一氣不來,生到那一道去,還實在沒有把握,那麼後果不是非常可怕嗎?他的說法是不是自誤誤人呢?

李炳南老居士解答 :
往生安養,正是為增長智慧神通,乘願再來,弘法利生,這是淨土宗的根本教義。如果認為是去做自了漢,那就完全錯誤了。你所說的某法師,具體情況我不太瞭解。他是不是會自誤,我還難以預測。但他的這個說法會誤人,恐怕就在所難免了。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯