Sabtu, 17 September 2016

Tanya Jawab 143


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
143

Pertanyaan :
Anak kecil tidak memahami Buddha Dharma, adakah manfaatnya bila mengajarinya melafal Amituofo? Apabila selagi usia kecil, ayahbunda membantunya mengambil keputusan supaya dia mengambil Visudhi Trisarana, tetapi bagaimana kalau setelah dewasa dia malah berubah pikiran? Siapa yang harus disalahkan?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Dengan hati yang paling tulus melafal sepatah Amituofo, dapat melenyapkan  8 miliar kalpa dosa berat samsara. Meskipun anak kecil untuk sementara tidak memahaminya, tetapi telah menanam akar kebajikan, mana boleh bilang tidak ada manfaatnya?

Kalau setelah dewasa dia berubah pikiran, ini dikarenakan jodoh buruk lainnya, tetapi benih vajra yang telah ditanamnya sejak usia kecil, akan terus tersimpan di dalam alaya-vijnana (gudang kesadaran)nya, suatu hari akan bertunas, tentu saja ada manfaatnya!

Lagi pula, saat mengambil Visudhi Trisarana, janganlah berpikir bahwa kelak anak akan berubah pikiran. Kalau saat permulaan sudah memiliki pikiran sedemikian rupa, maka siapa lagi yang bersedia menuntunnya ke arah yang baik? Jadi hanya boleh maju dan tidak boleh mundur ya.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一四三)

問 :  
小孩不懂佛理,教他念佛有什麼利益呢?父母主張給他受皈依,但他長大退心了,是誰的過錯呢?

李炳南老居士解答 :
低頭一拜,罪滅恒沙。念一句佛,滅八十 億劫生死重罪。小孩雖然暫時不理解,但是已經種下善根,怎麼能說沒有利益呢?至於長大退心,那是他另遇惡緣,但以前的種子堅如金剛,牢牢埋在第八識田中, 總有一天會生根發芽,還是有利益啊!況且皈依的時候,不能預先就考慮他退心。如果一開始就存有這樣的念頭,那麼還有誰來引人向善呢?只能促進,不能促退 啊。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯