Rabu, 21 September 2016

Tanya Jawab 211


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
211

Pertanyaan :
Apa makna dari Bunga Teratai dan apa hubungannya dengan Ajaran Buddha?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Makna yang pertama adalah Bunga Teratai merupakan jenis bunga yang istimewa, begitu tumbuh sudah ada bunga dan buahnya, yang melambangkan teori dan pengamalan harus sejalan.

Yang kedua adalah alam saha penuh dengan kekeruhan, Alam Sukhavati adalah alam nan suci, Bunga Teratai menampilkan kesucian, sebutir debu pun takkan bisa mengotorinya, menjelaskan bahwa Alam Sukhavati adalah suci dan tidak keruh.     

Yang ketiga, walaupun bersih dan suci, namun Bunga Teratai tumbuh keluar dari lumpur, menampilkan bahwa KeBodhian dicapai oleh karena adanya klesa (kekotoran batin), melatih diri tidak bisa terpisahkan dari kehidupan keseharian.

Yang keempat, walaupun Bunga Teratai bersih sampai batangnya, namun juga tidak terpisah dari lumpur, melambangkan bahwa Alam Sukhavati meskipun suci dan bersih, namun juga takkan memisahkan diri dari para makhluk yang masih diliputi kekotoran batin, serupa dengan makna bertekad kembali lagi menyelamatkan makhluk lainnya.    

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(二一一)

問 :  
西方蓮池、蓮台、蓮花化身,或者很多佛菩薩都腳踏蓮花,到底蓮花有什麼奇妙的地方?與佛教有什麼關係?

李炳南老居士解答 :
佛法有權有實,或者為權而顯實,或者廢 權而立實。必須權實同提,才不落兩邊,合乎中道。蓮花為花中的特別品種,一生出來就同時有花有果,顯示權實互融,合乎中道的意思。第二,娑婆世界為穢,西 方世界為淨,蓮花顯示清淨,一塵不染,說明西方淨而不濁。第三,蓮花雖然清淨,但出於污泥,顯示菩提從煩惱所轉,佛法從世間而來。第四,蓮花雖然亭亭淨 植,但仍然不離泥沙,顯示西方固然清淨,但總不離污穢的眾生,象徵乘願再來的意思。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯