Selasa, 06 September 2016

Tanya Jawab 03



Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
03

Pertanyaan :
Jalan mana yang harus ditempuh Praktisi Aliran Sukhavati barulah merupakan jalan yang singkat?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Ada empat cara, diantaranya adalah melafal Amituofo sebagai jalan yang paling singkat.

Cara pertama adalah merenungkan Buddha Amitabha yang ada di dalam jiwa sejati. Cara yang kedua adalah melakukan 16 perenungan seperti yang tercantum di dalam “Amitayurdhyana Sutra”. Cara yang ketiga adalah merenungkan rupang Buddha Amitabha, dalam hati melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus.

Cara keempat adalah melafal Amituofo, cara yang terbaik.

Kelemahan dari cara pertama adalah menitikberatkan pada kekuatan sendiri, tidak memohonnya dari luar, tetapi manusia awam ditutupi oleh rintangan karma sejak kalpa yang tanpa batas, mana mungkin bisa mencapai pencerahan mendadak? Maka itu cara ini tidak mungkin bisa dilaksanakan oleh sebagian orang.

Kelemahan dari cara kedua adalah dalam melakukan 16 perenungan tersebut tidak boleh sampai terputus, jadi tidak mungkin bisa dilaksanakan oleh setiap insan.

Kelemahan dari cara ketiga adalah harus tergantung pada rupang Buddha, bagaimana kalau tiba-tiba rupang Buddha tidak ada? Maka akan terputus.

Hanya satu-satunya, dengan cara keempat yakni melafal Amituofo, yang paling mudah dilaksanakan, yang paling cepat mencapai keberhasilan, asalkan melafal berkesinambungan tak terputus, pikiran terfokus tak tergoyahkan, tidak perlu melakukan perenungan, tidak usah capek-capek merenungkan rupang Buddha, asalkan serupa dengan seorang anak yang merindukan ibundanya, pasti dengan mengandalkan kekuatan pemberkatan dari Buddha Amitabha, terlahir ke Alam Sukhavati, begitu terlahir di sana, maka telah berhasil keluar dari lingkaran tumimbal lahir, pencapaian KeBuddhaan sudah di depan mata.     

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
()

問 : 修淨土的人走哪條路才是捷徑?

李炳南老居士解答 :
有四種方法,其中以持名為捷徑。念佛四 種方法即是實相念佛、觀想念佛、觀像念佛、持名念佛。實相念佛,就是念自性本有之佛,即自性天真佛,它要用般若智慧之光,去照見一切客觀存在的現象,它的 本性都是空的,天臺止觀,禪宗參究向上,都是用這種方法。觀想念佛即是依《觀無量壽佛經》作十六種觀想,經中有詳細說明,讀者細研,自然明白。觀想念佛, 即觀佛形像,心常繫念。持名念佛即只念阿彌陀佛名號。實相念佛,著重自力,依靠自己的力量,不向外求,親證本有之佛,但凡夫被無量劫來業障所遮蔽,怎麼能 一時頓悟,親見本有之佛呢?故實相念佛一法,一般人不可運用。觀想念佛要作十六種觀想,並且不能間斷,也非人人都能修學的。觀像念佛,必須依靠佛像,像去 還無,因成間斷。只有持名念佛,下手最易,成功最快,只要念念相繼,一心不亂,實相妙理,即在其中了,不勞觀想,不勞觀像,如子憶母,一定能夠依靠佛的加 持力量,往生西方,一旦往生,即出輪迴,成佛也就不遠了。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯