Rabu, 21 September 2016

Tanya Jawab 229


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
229

Pertanyaan :
Sutra menyebutkan : “Meskipun telah melewati beratus-ratus bahkan beribu-ribu kalpa lamanya, benih karma yang telah diperbuat takkan musnah; ketika benih dan faktor pendukung bertemu, buah akibatnya juga harus ditanggung sendiri”.

Juga dikatakan : “Dengan hati yang paling tulus melafal sepatah Amituofo, dapat mengeliminasi  8 miliar kalpa dosa berat samsara”.

Dua kalimat di atas, bukankah saling berlawanan? Sebenarnya apakah orang awam dapat mengeliminasi rintangan karma?  

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Kalimat pertama adalah ditujukan kepada para makhluk di enam alam tumimbal lahir, benih sebab yang ditanam dan buah akibat yang diterima, kalau para makhluk tidak dapat tercerahkan, tentunya hanya bisa mengikuti kekuatan karma bertumimbal lahir, demikian benih yang ditabur demikian pula buah yang dipetik. Benih karma takkan musnah, begitu bertemu dengan faktor pendukung, pada akhirnya juga akan berbuah.

Sedangkan kalimat kedua menunjukkan bahwa para makhluk oleh karena melafal Amituofo sehingga beralih dari sesat menuju ke pencerahan, dari awam beralih menjadi insan suci, ibarat membalikkan telapak tangan. Kuncinya tergantung apakah anda sudi membalikkannya atau tidak.

Kedua kalimat tersebut tidak saling berseberangan, masing-masing memiliki makna tersendiri. Orang awam yang belajar Ajaran Buddha adalah menuju jalan pencerahan, Buddha dan Bodhisattva asal usulnya juga adalah orang awam, belajar Ajaran Buddha bagaimana tidak bisa mengeliminasi rintangan karma? Kalau tidak bisa mengeliminasi rintangan karma, bagaimana bisa mencapai KeBuddhaan?

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(二二九)

問 :  
經上說:「假使百千劫,所作業不亡;因緣會遇時,果報還自受。」又說:「念佛一聲,可滅八十億劫生死重罪。」兩種說法是否矛盾?凡夫到底能不能消除業障?

李炳南老居士解答 :
前面的說法是對六道眾生輪迴受報原因的 普遍概括,眾生不能覺悟,當然就只能隨業力輪迴,有什麼因必然得什麼果。業因不亡,遇緣受報,那是眾生放逸任運,最後自然自食其果。後面的說法是眾生因念 佛而由迷轉悟,由凡轉聖,有念佛的因就必然得成佛的果。所以說念佛一句,滅罪多劫。凡夫變聖人,就如手掌翻覆之間。關鍵是看你願不願翻轉過來。兩種說法沒 有一點矛盾,各有不同的含義。凡夫學佛,就是走向了覺悟之路,佛菩薩也由凡夫而來,學佛怎麼不會消除業障呢?不能消除業障,那怎麼成佛呢?

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯