Minggu, 02 Oktober 2016

Tanya Jawab 398


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
398

Pertanyaan :
Ketika berada di Tiongkok Daratan, saya sudah belajar Ajaran Buddha, keluarga dan kerabatku mengambil Visudhi Trisarana di bawah bimbingan Master Yin Guang, sekarang saya sudah pindah ke Taiwan, apakah masih perlu mengambil Visudhi Trisarana pada guru lainnya?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Mengambil Visudhi Trisarana bukan artinya berguru pada anggota Sangha tersebut, jadi bukanlah karena guru pembimbingnya si A berarti sudah jadi murid si A, atau kalau guru pembimbingnya si B maka setelah Visudhi menjadi murid si B. Jadi kalau sudah mengaku si A adalah guru maka tiada kaitannya lagi dengan si B, demikian pula sebaliknya. Ini sudah salah persepsi.

Mengambil Visudhi Trisarana adalah berlindung pada Buddha, Dharma dan Sangha di sepuluh penjuru dari tiga masa. Jadi tak peduli anda mengambil Visudhi Trisarana dari Bhiksu yang mana saja, berarti telah mengakui seluruh anggota Sangha di sepuluh penjuru dari tiga masa sebagai guru.

Jadi setelah mengambil Visudhi Trisarana dari Bhiksu A kemudian anda ingin belajar dari Bhiksu B atau Bhiksu C, juga bukan tidak boleh.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(三九八)

問 :  
我在大陸信佛時,兄弟姊妹等等都歸依印光大師,現在到臺灣有沒有必要再歸依另一位法師?

李炳南老居士解答 :
歸依三寶,不同於世間拜師,世間拜甲為師,就是甲的弟子,拜乙為師就是乙的弟子,因此,拜甲與乙無關,拜乙與甲無關。佛教歸依,是歸依三世十方的平等意義。簡單來說,無論歸依任何比丘為師,就是十方三世僧眾都為我師了,如果你要親近某位比丘,盡禮結緣,也未嘗不可。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯