Minggu, 18 September 2016

Tanya Jawab 155


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
155

Pertanyaan :
Setelah wafat, Master Yin Guang ditetapkan sebagai Guru Sesepuh Aliran Sukhavati yang ke-13 oleh Asosiasi Buddhis Tiongkok, menjadi pusat perhatian bagi seluruh umat Buddha di Tiongkok.

Kemudian ketika abang saya mengikuti kebaktian pelafalan Amituofo di Gong De Lin di Fuzhou, mendengar ada seorang umat yang bilang : “Master Yin Guang ditetapkan sebagai Guru Sesepuh Aliran Sukhavati yang ke-13 hanyalah bersifat sementara saja, oleh karena masih ada Master Hsu Yun dan Master Yuan Ying, mereka berdua masih belum wafat, jadi harus menanti hingga kedua anggota Sangha senior ini wafat barulah Asosiasi Buddhis menetapkan hasil akhir”.

Apakah hal ini adalah benar adanya?  

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Kalau sudah diumumkan kepada khalayak ramai, mana boleh diubah-ubah lagi dengan sesuka hati? Lagi pula Master Hsu Yun merupakan praktisi senior Aliran Dhyana (Zen), dengan sendirinya mempunyai kedudukan tersendiri dalam alirannya.

Sedangkan Master Yuan Ying melatih Aliran Dhyana dan Aliran Sukhavati secara bersamaan, serupa dengan Master Han-shan, generasi penerus pasti akan menetapkan mereka sebagai guru sesepuh alirannya, buat apa mesti menjadi Guru Sesepuh Aliran Sukhavati!  

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一五五)

問 :  
佛教巨星印光大師圓寂後,經中國佛教協會審議通過,列為蓮宗十三祖,為全國佛教徒所矚目。後來我的哥哥卓智立在福州功德林念佛會時,據某居士說:「印公大 師往生後列為蓮宗十三祖,這件事還有暫時性,並沒有最後確定下來。原因是福州鼓山湧泉寺住持高僧虛雲大師以及圓瑛大師還沒有圓寂,必須等二位高僧往生後, 佛教會才能作最後的決定。」這件事是否實在?

李炳南老居士解答 :
名分已定,人心已歸,怎麼能夠朝三暮四,隨意變更呢?何況虛公為當代禪宗大德,自然有他的本宗地位。圓瑛大師禪淨雙修,和紫柏、憨山大師相同,後人自然奉為祖師,何必一定要列為蓮宗祖師!

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯