Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
150
Pertanyaan :
“Sutra Usia Tanpa
Batas” menyebutkan bahwa di Alam Sukhavati tidak ada orang jahat, tetapi
praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati adalah membawa serta karmanya,
tentunya masih ada tabiat jeleknya, kenapa malah dibilang tidak ada orang
jahatnya?
Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Ketika benih karma
buruk yang tersimpan di alaya-vijnana (gudang kesadaran) muncul, sehingga
melakukan sepuluh kejahatan, baik yang diperbuat melalui pikiran, ucapan maupun
tubuh jasmani, beginilah yang disebut sebagai orang jahat.
Apabila dapat
mengendalikan atau melenyapkannya, sehingga pikiran, ucapan dan tubuh jasmani
tidak melakukan kejahatan, maka ini disebut sebagai orang baik. Jadi bukan
harus menunggu sampai seluruh kejahatan sudah dibersihkan sampai tuntas barulah
bisa disebut sebagai orang baik.
Bodhisattva yang
berada di bawah tingkatan ke-7 masih memiliki Avidya (kegelapan batin), tetapi
sudah disebut sebagai insan suci. Arahat masih belum memutuskan tabiat sampai
tuntas, tetapi juga telah mencapai tingkatan kesucian tertinggi.
Praktisi yang
membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati, akan mencapai tiga
ketidakmunduran, benih karma buruknya telah diredam atau bahkan telah
dilenyapkan, takkan bisa muncul lagi, maka itu mengapa dikatakan Alam Sukhavati
tidak ada orang jahatnya.
Dipetik dari : Tanya Jawab
Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun
(一五零)
問 :
《無量壽經》說西方無惡人,但修淨宗的人是帶業往生,應當仍有惡的習氣,為什麼沒有惡人了呢?
李炳南老居士解答 :
善與惡是一個相對的名詞,有一假定的界 限。第八識田中所藏的惡種生起來時,指揮身口意去造十惡等罪,這個人就叫做惡人。能控制它或者斷除它,約束身口意不去造十惡等罪,這個人就叫做善人。不一 定要盡去一切罪業,才稱為善人。七地以前的菩薩,還有無明,但已經稱為聖人。阿羅漢習氣未盡,也稱為已證聖果。帶業往生的人,都獲得三種不退,惡種已經壓 伏或者斷除,不會再生起來,所以說西方沒有惡人。
文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯