Rabu, 21 September 2016

Tanya Jawab 204


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
204

Pertanyaan :
Amitabha Sutra menyebutkan “Buddha Amitabha mencapai KeBuddhaan sudah sepuluh kalpa lamanya”. Apakah Buddha masa lampau sebelum era Buddha Sakyamuni, juga ada membabarkan Pintu Dharma Tanah Suci? Apakah para makhluk di era tersebut sudah terlahir ke Alam Sukhavati?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Tidak kelihatan ada catatannya, jadi tidak berani menjawab sesuka hati. Cuma menurut dugaan, Buddha Amitabha sebelum mencapai KeBuddhaan, maka belum ada Alam Sukhavati, jadi Buddha masa lampau di alam saha tidak menasehati para makhluk untuk terlahir ke Alam Sukhavati.

Setelah Buddha Amitabha mewujudkan Alam Sukhavati, maka Buddha masa lampau pasti menasehati para makhluk untuk terlahir ke Alam Sukhavati.   

Amitabha Sutra menyebutkan “yang telah bertekad”, “yang telah terlahir ke Alam Sukhavati”, adalah menunjuk pada para praktisi Tanah Suci  era terdahulu.

Ajaran para Buddha adalah sama, Buddha Sakyamuni mengatakan sedemikian rupa, para Buddha masa lampau juga pasti mengatakan sedemikian rupa.   

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(二零四)

問 :  
《阿彌陀經》說「阿彌陀佛成佛以來到今天已經十劫」娑婆世界出一尊佛是三大阿僧祈劫,釋迦牟尼佛以前的佛有說淨土法門的沒有,那個時候的眾生往生沒有?

李炳南老居士解答 :
沒有看見依據,不敢隨意答復。據理推 測,阿彌陀佛沒有成佛以前,就沒有西方極樂世界,那麼娑婆世界的古佛自然就沒有勸往生西方的道理。阿彌陀佛成就極樂以後,釋迦牟尼以前的佛就會勸生極樂 了。《阿彌陀經》說「已發願」、「若已生」是釋尊指前代所修淨土法門的眾生。佛佛道同,釋尊這樣說,前佛也一定這樣說。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯