Sabtu, 17 September 2016

Tanya Jawab 134


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
134

Pertanyaan :
Sejak mengambil Visudhi Trisarana sampai sekarang sudah ada 7 tahun lamanya. Setahun yang lalu saya mulai melafal Amituofo, setiap melafal sepatah Amituofo jantungku terasa bergemuruh. Maka itu saya pernah meminta ceramah pada praktisi senior, mengajariku agar melafal sampai jantungku tidak bergemuruh lagi.

Saya meneruskan melafal Amituofo sampai sekarang, jantungku tidak bergemuruh lagi, tetapi kalau mendadak timbul niat lobha, dosa dan moha, maka jantungku kembali bergemuruh tanpa henti, hanya dengan segera membangkitkan pikiran benar, barulah gemuruh tersebut reda dengan sendirinya.

Jika dalam waktu keseharian, menyeimbangkan batin, takkan muncul niat lobha, dosa dan moha, sampai saat menjelang ajal apakah pikiran takkan goyah, menfokuskan pikiran melafal Amituofo, memperoleh penjemputan dari Buddha Amitabha, terlahir ke Alam Sukhavati?   

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Lobha, dosa dan moha disebut sebagai tiga racun, menghentikan tiga racun tentunya adalah jalan benar. Bila dapat menghentikannya maka saat menjelang ajal pikiran takkan goyah.

Tetapi untuk menyeimbangkan batin jangan melekat pada rupa, bila masih memiliki niat pikiran saya harus melenyapkan lobha, dosa dan moha, maka ini malah jadi sebaliknya, yakni menambah sebutir niat pikiran lagi.

Lebih baik menfokuskan pikiran pada pelafalan Amituofo, sehingga lafalan Amituofo dapat berkesinambungan tak terputus, tak peduli kondisi batin yang bagaimanapun juga, baik atau buruk, janganlah dihiraukan, hanya menfokuskan pikiran dalam sepatah Amituofo, inilah yang disebut pikiran benar.

Pikiran dan suara yang melafal Amituofo tidak saling terjalin, inilah yang disebut sebagai “goyah”.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一三四)

問 :  
我自從皈依三寶以來,已經有七年時光。當開始念佛一年後,就感覺每念一句佛號,心中就會出現一次滾動。因此曾經請教大德開示,教導我念到不動為好。念到現 在後,心已果然不動,但如果偶然生起貪瞋癡的念頭,心中仍然亂動不停。只有立即提起正念,才能控制動心。如果平時善於調心,不起貪瞋癡的念頭,到臨終時是 否能夠心不顛倒,一心念佛,蒙佛接引,往生極樂?

李炳南老居士解答 :
貪瞋癡叫做三毒,制止三毒念頭,當然是 正路。果然能斷除,臨終就不會顛倒。但調心不要著相,如果存有斷除三毒的念頭,反而又增加一個念頭了。莫如把心歸到佛號上去,使佛號不斷,不管出現什麼境 界,是好是壞,都不要管,只是提起一句佛號,這就是正念,心和佛號不相應,就是顛倒。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯