Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
34
Pertanyaan :
Membaca novel,
nonton film bioskop, menyanyi dan mendengar petunjukan opera, semua hobi ini
bisa membuat melupakan keakuan buat sementara waktu, pikiran jadi terfokus tak
tergoyahkan. Saya ingin bertanya “pikiran terfokus” di sini, apa bedanya dengan
“pikiran terfokus” yang dicapai dalam melafal Amituofo?
Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Belakangan ini
novel, tayangan film dan opera, kian lama kian rendah kualitasnya, ceritanya
tak terpisahkan dari amoral, kepiluan karena perpisahan, begitu penonton
melihatnya langsung muncul perasaan emosional, bagaikan hanyut dan mabuk
terbawa olehnya, begitu mudah hatinya terpengaruh, ini sungguh merupakan
kemerosotan batin, bagaimana bisa dibilang “pikiran terfokus tak tergoyahkan”?
Pikiran terfokus
yang tercemar ini dengan pikiran terfokus dalam melafal Amituofo, mana bisa
dibandingkan? “Pikiran terfokus tak tergoyahkan” dalam Aliran Sukhavati adalah
dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan, yang terpisah dari
pencemaran duniawi, melepaskan segala kemelekatan, hati bagaikan air yang
tenang.
Hati bagaikan air
yang tenang, bukanlah berarti hati bagaikan batu, tidak tahu membedakan benar
dan salah. Sebuah pertunjukan seni hendaknya mengandung unsur benar, bajik dan
indah, yang dapat mencerahkan batin setiap insan.
Maka itu kami tidak
pernah melarang untuk menikmati pertunjukan kesenian, Ajaran Buddha juga sering
diungkapkan melalui seni, contohnya ukiran-ukiran Buddhis di Gua Dunhuang, yang
merupakan mustika seni. Lalu lantunan gatha yang diiringi dengan alat-alat
kebaktian, juga merupakan sarana penting yang mendidik.
Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar
Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun
淨土法門疑難問題解答
(三十四)
問 : 看小說,看電影,唱戲,聽戲,都能達到忘我境界,一心不亂,請問這種一心不亂和念佛的一心不亂有什麼分別?
李炳南老居士解答 :
近來的小說、電影、戲劇品味一天天低 劣,不外乎誨淫誨盜,悲歡離合,觀眾一看,便生喜怒哀樂,如醉如癡,如此心動神移,那正是墮落的表現,怎麼能說一心不亂呢?這種污染的心和念佛的一心不 亂,怎麼能夠相提並論呢?淨宗一心不亂是淨念相繼,離開世俗的污染,放下萬緣,八風不動,心如止水。但是,所謂心如止水,並不說心如石頭,是非不分。真正 的藝術是對真善美的歌頌,是對假惡醜的鞭撻,能夠淨化人的心靈。所以我們並不反對去欣賞真正的藝術(欣賞的同時,也是念佛的過程)。佛教本身也常常用藝術 形式表現出來。例如唐朝的佛教變文,即開闢了通俗小說的先河。敦煌石窟等雕塑,更是藝術的瑰寶。佛教梵樂,是陶冶情操的重要手段。
文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯