Kamis, 15 September 2016

Tanya Jawab 113


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
113

Pertanyaan :
Master Shandao setiap melafal sepatah Amituofo, dari mulutnya akan muncul keluar sebuah rupang Buddha, apakah ini merupakan kemampuan gaib atau mukjizat?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Kondisi batin Guru Sesepuh, saya tidak mengetahuinya dengan jelas. Secara teori dijelaskan bahwa kemampuan gaib itu berasal dari kekuatan samadhi, mukjizat juga berasal dari kekuatan samadhi.

Jadi kondisi batin yang dicapai oleh Master Shandao, pasti telah mencakup baik kemampuan gaib maupun mukjizat. Memperoleh mukjizat pasti akan muncul kemampuan gaib, munculnya kemampuan gaib pasti sudah memperoleh mukjizat, kedua hal ini memiliki kaitan yang erat.

Melafal Amituofo dan keluar rupang Buddha dari mulut, sudah jelas sedang memperagakan kepada para makhluk, kemampuan gaib yang dihasilkan dari melafal Amituofo, tujuannya adalah mempengaruhi dan menyelamatkan para makhluk, juga boleh dikatakan sebagai mukjizat, kalau mengatakannya sebagai kemampuan gaib, juga boleh.      

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一一三)

問 :  
善導大師念一聲佛號,就有一尊佛從口而出,這是神通呢,還是感應呢?

李炳南老居士解答 :
大師的境界,後學不才,難以測知底細。 從理上來說,神通來自定力,感應也來自定力。因此,善導大師的境界,一定兼有神通和感應。得感應就會出神通,出神通就是得感應,兩者確實是緊密聯繫在一起 的。念佛而口中出佛,顯然是向眾生示範念佛的神力,目的在於感化眾生,說是感應當然可以,說是神通也未嘗不可。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯