Selasa, 06 September 2016

Tanya Jawab 20



Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
20

Pertanyaan :
Belakangan ini terdengar satu hal, yakni ada seorang praktisi yang sudah melatih diri selama bertahun-tahun, tiba-tiba dibelenggu nafsu, apakah saat menjelang ajalnya nanti akan muncul rintangan?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Dari suci masuk ke kekeruhan, maka tidak perlu lagi membahas tentang terlahir ke Alam Sukhavati. Melafal Amituofo hanya bisa maju terus ke depan, meskipun mendayung perahu di sungai berombak besar juga harus diterjang (artinya meskipun berat juga harus bertahan), bila dilonggarkan sedikit maka akan mundur seribu langkah, apabila dari suci masuk ke kekeruhan, maka ketrampilan yang telah diperoleh sebelumnya akan jadi sia-sia.

Semua ketrampilan yang telah dilatih, hasilnya akan tampak pada sebersit niat pikiran terakhir saat ajal tiba, oleh karena dari suci masuk ke kekeruhan, pasti akan berputar kembali di enam alam tumimbal lahir.

Metode sepuluh kali lafalan adalah dilatih dalam waktu keseharian dan menimbun dari hari ke hari, dari tahun ke tahun. Apabila orang jahat saat menjelang ajalnya cuma melafal Amituofo sepuluh kali lalu berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, ini dikarenakan benih baik yang telah ditanamnya pada masa kelahiran lampau dan kini sudah saatnya berbuah, jadi jangan ada hati yang bermaksud mempertaruhkan keberuntungan.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(二十)

問 : 近來聽說一件事,有一個佛教徒,修行多年,忽然被欲塵熏染,他到臨終是否有障礙?

李炳南老居士解答 :
由淨入染,就談不上往生了。念佛只能前進,正是逆水行舟用力撐,一篙松勁退千尋,如果由淨入染,則前功盡棄。一切功夫要看臨終最後一念,既然由淨入染,必在六道。所謂臨終十念即能往生,功夫都在平時積累。大惡人臨終十念即能往生,是前世善因萌發所致,不能有這樣僥倖的心。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯