Sabtu, 01 Oktober 2016

Tanya Jawab 361


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
361

Pertanyaan :
Sutra Usia Tanpa Batas menyebutkan bahwa praktisi pelafal Amituofo bisa terlahir ke Alam Sukhavati, “Kecuali yang melakukan Pancanantariya Karma, menfitnah Saddharma”, kalau sebelum belajar Ajaran Buddha, pernah melakukan hal begini, setelah belajar Ajaran Buddha, bertobat, apakah masih bisa terlahir ke Alam Sukhavati?
 
Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Sebelum belajar Ajaran Buddha, para makhluk adalah tersesat, tidak memahami kebenaran, maka itu sulit terhindar dari melakukan Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan (Dasa Akusala Karma).

Pada masa kelahiran sekarang mungkin tidak melakukannya, tetapi pada masa kelahiran lampau pasti melakukannya. Belajar Ajaran Buddha adalah dimulainya lembaran hidup baru, beralih dari sesat menuju kepada kebenaran, menerima sila, setulusnya bertobat menyingkirkan kejahatan, di dalam hati benar-benar mengubah diri sendiri menjadi insan bajik, maka itu dikatakan lautan derita tanpa batas, kembali ke jalan yang benar adalah pantai seberang, melepaskan pisau jagal segera mencapai KeBuddhaan.

Kalau belajar Ajaran Buddha hanya untuk penampilan luar saja, maka meskipun melafal Amituofo juga tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati.

Melafal Amituofo adalah mensucikan hati, kalau hati ini tidak benar, dari mana munculnya alam nan suci?

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(三六一)

問 :  
無量壽經中說往生的人「唯除五逆,誹謗正法」,假如在未學佛前,做了這樣的事情,學佛後懺悔改過,能否往生?

李炳南老居士解答 :
 眾生沒有學佛以前,都是迷惑顛倒,不明 事理,五逆十惡,在所難免,今世未犯,前世必犯。學佛就是新生命的開始,改邪歸正,接受戒律,至誠懺悔過去罪業,從內心裏真正把自己變成了另外一個人,所 以說苦海無邊,回頭是岸,放下屠刀,立地成佛。如果表面上學佛,習氣依然未改,雖然念佛,也不能往生。念佛是念心,心不正,清淨世界從哪里來?

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯