Kamis, 29 September 2016

Tanya Jawab 339


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
339

Pertanyaan :
Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas disebutkan bahwa Bhiksu Dharmakara mendengar pembabaran Dharma dari Buddha Lokesvararaja tentang 21 koti alam para Buddha, melewati seratus miliar tahun. Pada saat itu Bhiksu Dharmakara meskipun sedang melatih Jalan Bodhisattva, namun tetaplah seorang Bhiksu, mengapa bisa memiliki usia yang begitu panjang?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Sutra Usia Tanpa Batas menyebutkan bahwa Tathagata telah mencapai pencerahan sempurna akan kebenaran dari alam semesta dan kehidupan manusia, kebijaksanaan Nya adalah sulit diukur oleh seluruh Maha Bodhisattva,  yang telah sempurna, tiada rintangan. Beliau mampu memperpanjang waktu yang sangat singkat menjadi seratus juta kalpa yang tak terhingga, juga dapat memperpendek waktu yang sangat panjang menjadi hanya sebersit niat pikiran. Raga dan seluruh indera Nya tidak bertambah maupun berkurang, tidak muncul juga tidak lenyap.

Mengapa Buddha memiliki kebijaksanaan yang begitu besar, moralitas dan kemampuan? Karena kebijaksanaanNya sedikitpun tiada halangan, tanpa batas, maka itu di dalam semua Dharma memperoleh kebebasan nan sempurna.

Maka itu walaupun sudah melewati seratus miliar tahun, kenyataannya hanya ada dalam sebersit niat pikiran. Meskipun Bhiksu Dharmakara hanyalah seorang Bhiksu, tetapi dengan mengandalkan kekuatan Buddha, sehingga mampu dalam sebersit niat pikiran berdiam selama seratus miliar tahun.

Seperti sebuah perumpamaan yang mengisahkan pelajar jaman dahulu kala yang bernama Huang Liang, bermimpi bagaimana dia lulus ujian sarjana, lalu menjadi pejabat, dia menjalani hidup selama beberapa puluh tahun dalam kejayaan dan kaya raya, ketika terbangun dari tidurnya, air rebusan juga masih belum mendidih.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(三三九)

問 :  
無量壽經裏說法藏比丘,聽世自在王佛講二百一十億佛剎,說法時經過千億歲。當時法藏比丘,雖行菩薩道,但還是比丘身,為什麼有那麼長的壽命?

李炳南老居士解答 :
一念能橫遍十方,豎窮三際。經上說: 「如來正覺,智慧難量,沒有障礙,能在一念之間,住無量劫,身和六根,沒有增減。為什麼呢?因為如來的定慧,到了最高境界,在一切法裏,能夠運用自如。」 因此,雖說過了千億歲,實際上只在一念之間。法藏比丘雖然還是比丘,但承蒙佛力加持,也能在一念之間住千億歲。有一個黃粱美夢的成語,說一個人做了一個幾 十年富貴功名的夢,但醒來時火上煮的黃粱還沒有熟。從這個道理就可以類推。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯