Minggu, 18 September 2016

Tanya Jawab 157


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
157

Pertanyaan :
Di Alam Sukhavati tidak ada penderitaan, yang ada hanya kebahagiaan, praktisi yang terlahir di Alam Sukhavati menjadi Bodhisattva Calon Buddha. Tetapi praktisi yang membawa serta karmanya terlahir ke Alam Sukhavati, bukankah di alaya-vijnana (gudang kesadaran)-nya, tabiatnya masih belum lenyap, sehingga begitu terlahir di Alam Sukhavati dan menikmati kebahagiaan, bagaimana masih bisa tekun melatih diri dan tidak mundur? 

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Kebahagiaan itu dapat dibagi 2 yakni kebahagiaan awam dan kebahagiaan Dharma. Tujuh mustika dan berbagai kewibawaan lainnya disebut sebagai kebahagiaan awam, semua ini dibabarkan kepada para makhluk dari alam saha, menuruti tabiat kita, sehingga muncul kekaguman di hati kita dan bertekad terlahir ke Alam Sukhavati.     

Segala sesuatu yang ada di Alam Sukhavati dapat mengumandangkan Dharma, enam akar (enam indria) kita pasti dapat tercerahkan, seperti yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni sebagai “dengan sendirinya membangkitkan pikiran perenungan terhadap Buddha, Dharma dan Sangha”.

Oleh karena setiap waktu merenungkan Triratna, pikiran ini merupakan pikiran pencerahan, yakni menikmati kebahagiaan Dharma. Ini merupakan sisi yang paling mudah dan praktis dari Aliran Tanah Suci.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一五七)

問 :  
極樂世界沒有痛苦,只有快樂,往生到那個世界的人,都將候補佛位。但是,佛教教人知道苦集滅道,儒家也有憂勞興國,安逸亡身的教訓。帶業往生的人,第八識田中習氣未盡,一旦生到極樂,享受快樂,怎麼還能精進不退?

李炳南老居士解答 :
快樂可以分為兩種,即欲樂和法樂。三處 七寶,種種莊嚴,是指欲樂,這是針對娑婆眾生所說的,隨順我們的習氣,使我們產生羡慕的心理而求往生。只要一生到那個國土,一切事物都會說法,我們的六根 決定改觀,正如佛說「自然都生念佛念法念僧的心」。既然無時不念三寶,這個心就是道心了,就是享受法樂了。這正是淨土宗的最大方便的地方。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯